Mainan tradisional dari kayu

Gasing panggal kayu


Berbagai macam bentuk mainan sangatlah banyak pada jaman sekarang ini, mulai dari mainan modern sampai mainan tradisional. Tapi berbeda ketika jaman dulu sebelum teknologi dan ilmu pengetahuan maju dan berkembang. Sekarang bentuk mainan bisa bermacam macam dan beragam bentuk dari yang paling kecil sampai ukuran yang sangat besar dan dari teknologi tinggi sampai teknik sederhana. Kini proses pembuatannya pun sangat modern dan rumit dengan menggunakan mesin dan teknologi terkini.

Mainan tradisional

Berbeda waktu jaman dulu mainan pun sangat sederhana dan bentuknya pun tidak cukup banyak, bahan pembuatannya kalau tidak dari bambu ya dari kayu atau pepohonan. Proses pembuatan dengan menggunakan tangan dan alat yang ada, seperti pisau, golok, gergaji atau peralatan pertukangan sejenisnya.


Mainan tradisional dari kayu yang populer di Indonesia sepertinya tidak begitu banyak, tapi kalau di gali lebih dalam jumlah nya lumayan ada.

Di berbagai daerah ada mainan tradisional yang menjadi ciri khas suatu daerah masing masing, yang menjadi kebiasaan masyarakat bermain atau melakukan permainan di waktu senggang.

Mainan kayu tradisional ada banyak mainan kayu yang bisa kita jumpai, 

Gasing kayu

Gasing atau panggal dari kayu dulu sangat populer di masyarakat terutama di daerah pinggiran sebagai sarana hiburan dan permainan. Setiap daerah punya bentuk khas dan ciri khas masing masing, misalnya di pulau Sumatera, Kalimantan dan pulau Jawa ada perbedaan bentuk. Tapi cara memainkannya hampir sama di lilit dengan tali dan di lemparkan hingga berputar. 


Namun sekarang ada juga mainan gasing kayu yang di putar dengan tali yang di lilit dan di tarik hingga berputar.


Yoyo dari kayu


Yoyo kayu

Mainan ini dulu terbuat dari bahan kayu namun sekarang lebih berkembang lagi dan lebih modern. 



Congklak kayu

Mainan untuk hiburan mengisi waktu luang juga untuk melatih keterampilan dan kecerdasan berfikir

Mainan senjata kayu 

Sebagai sarana hiburan dan permainan anak anak dalam mengisi waktu luang juga


Mobil mobilan dari kayu


Mainan bunyi bunyian dari kayu

Dan masih banyak lagi produk mainan tradisional dari kayu lainnya.

Sekarang kiranya perlu mainan tradisional ini di kenalkan kepada generasi muda terutama anak anak kita, tujuannya selain mengenal dan tahu agar jenis mainan tersebut tidak punah dan hilang.

Berbagai manfaat mainan tradisional yang sangat bagus dan banyak manfaatnya adalah.

Membangun sosialisasi dan mempererat hubungan antar individu dan masyarakat sehingga menjalin silaturahmi yang bermanfaat, terutama pada jaman sekarang ini hubungan sosial sekarang ini menjadi berkurang akibat adanya gadget dan handphone.

Melestarikan mainan tradisional khas Indonesia yang suatu saat akan hilang dan tidak di kenali oleh generasi muda sekarang terutama anak anak.

Sebagai sarana hiburan di masyarakat yang sangat mudah dan murah dan banyak manfaatnya.

Namanya permainan berguna untuk melatih keterampilan dan kreativitas pemain atau penggunanya

Untuk mengenang akan bernostalgia orang orang tua jaman dulu sehingga menjadi cerita kepada generasi muda atau anak anak.

Karena mainan tradisional dari kayu atau bambu terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan sehingga bagus untuk alam kita.

Sekarang sudah saatnya mainan lokal tradisional maju dan berkembang dan perlu di perkenalkan kembali kepada generasi sekarang. Masyarakat Indonesia harusnya bangga akan produk mainan tradisional nya sendiri. 

Tujuannya untuk melestarikan agar tidak hilang, juga untuk membendung produk produk mainan modern yang datangnya dari luar terutama mainan produk dari luar terutama produk impor dari China.  Sumber foto, Tokopedia, Shopee.


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu