Bor tangan tradisional jaman dulu


Bor tangan tradisional jaman dulu
Bor tangan tradisional
Dulu berbagai macam alat pertukangan sangatlah banyak serta bentuk bentuk sangat unik. Alat untuk melubangi kayu atau apapun sudah biasa menggunakan peralatan manual sederhana. Dan sudah biasa untuk mengoperasikannya memerlukan gerakan kekuatan tangan yang ekstra. 

Tidak seperti sekarang yang sudah serba canggih dan modern dengan menggunakan tenaga listrik. 

Bor tangan tradisional jaman dulu atau bor tangan gesek seperti biola yang cara kerja alatnya menggunakan gerakan tangan secara manual. 
Kalau jaman dulu bahan yang digunakan adalah dari kayu sekarang akan coba buat dari bahan paralon, Berikut proses dan cara pembuatannya. 

Bahan 
Paralon 1/2 inchi 
Paku ukuran sedang atau sesuai kebutuhan Tali atau tambang plastik kecil 
Laher atau bearing bekas roda sepeda motor 
Lem paralon 
Sambungan T 1/2 inchi 
Sepotong kayu kecil 

Alat 
Gergaji besi 
Batu asahan gerinda 
Cutter atau pisau kecil
Palu atau kapak 

Cara pengerjaan 
Paralon di potong dua ukuran, yaitu ukuran 80cm untuk gagang atau pegangan dan ukuran 25cm - 30cm untuk kepala mata bor. 

Batang kepala mata bor 
Untuk kepala bor kedua ujung di isi atau di masukan sepotong kayu, ujung yang satu untuk mata bor dari paku dan ujung yang satunya lagi untuk laher atau bearing. 

Gagang atau pegangan
Paralon ukuran 80 cm yang agak panjang di gunakan untuk gagang berfungsi sebagai pemutar batang kapala mata bor. Gagang ini di ikatkan satu buah tali kurang lebih 100 cm di kedua ujungnya dengan di lubangi terlebih dahulu ujung paralon tersebut. 

Cara membuat mata bor dari paku
Ujung kepala paku di potong dengan gergaji, kemudian di masukan pada paralon yang ujungnya di isi kayu, dengan cara di pakukan dengan palu atau kapak. 

Ujung paku yang sudah di masuk pada ujung paralon di pipihkan (di runcingkan) dengan palu atau kapak pada bantalan besi dengan cara di pukul pukul.

Setelah bentuknya agak pipih agak runcing kemudian ujung mata bor paku tersebut di asah atau di runcingkan dengan batu asahan gerinda agar lebih runcing dan tajam. 

Cara kerja dan penggunaan 
Gagang atau pegangan yang sudah ada talinya di lilitkan dua atau tiga lilitan pada batang yang ada mata bor nya. Ujung mata bor di arahkan pada kayu yang akan di lubangi.

Kemudian gagang yang sudah di lilitkan di gesek atau di tarik maju mundur (kedepan dan kebelakang) sehingga batang kepala mata bor berputar bolak balik sesuai arah gerakan gagang pegangan.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di channel YouTube kami, di sini videonya 


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu