Penjual dan pengrajin shoelast cetakan sepatu dari kayu


Penjual shoelast cetakan sepatu dari kayu
Cetakan sepatu dari kayu
Penjual dan pengrajin shoelast cetakan sepatu kayu di Tasikmalaya ada daerah Mancagar Panglayungan kota Tasikmalaya tepatnya di Gang mustika RT 04 RW 14 namanya bapak Endin. 

Beliau adalah ahlinya sudah berpengalaman puluhan tahun dalam bidang pembuatan shoelast cetakan sepatu dari kayu, di bantu oleh beberapa orang karyawan dalam menjalankan usahanya. Cara pembuatannya pun masih sederhana dengan peralatan seadanya. 

Belajar sejak tahun 80an ketika masih remaja ikut pelatihan di kota Bandung dan sampai sekarang masih tetap setia menjalankan usahanya di bidang pembuatan shoelast cetakan sepatu dari kayu.  

Mengenai order pesanan sekarang sangat jauh berbeda dengan jaman dulu, bahkan dulu pesanan datang dari berbagai daerah dari Jawa tengah dan Jawa timur, seperti Jogja, Sidoarjo, Semarang dan lainnya. 

Penjual atau perajinnya jarang di ketahui oleh banyak orang bahkan para pengrajin pembuat sandal atau sepatu banyak yang tidak tahu dimana penjual cetakan sepatu atau sandal berada. Untuk saat ini memang sangat langka dulu mungkin banyak di setiap daerah produksi sandal atau sepatu pasti ada, seperti Garut, Bandung, Bogor dan daerah di Jawa barat, Jawa tengah atau Jawa timur sekarang sepertinya langka. 

Penjual atau pembuat shoelast cetakan sepatu kayu hanya di ketahui oleh sebagian kecil orang, para pengrajin atau pengusaha sandal yang sudah lama atau berpengalaman. Atau menurut informasi dari berbagai sumber dari pengusaha atau pengrajin sandal atau sepatu terdahulu dan sudah berusia lanjut. 

Bisa di lihat sekilas di Youtube proses pembuatannya di sini, 
Cara pembuatan shoelast cetakan sepatu dari kayu

Shoelast cetakan sepatu dari kayu hasil pengrajin Tasikmalaya ini banyak di gunakan para pengrajin atau pembuat sandal atau sepatu dari Tasikmalaya, Bandung, Garut, Sukabumi, Cirebon, Bogor, Jakarta dan berbagai daerah di Jawa barat.  

Mereka bertahan seiring berkembangnya usaha pembuatan sandal atau sepatu di suatu daerah atau kawasan.  

Keberadaan saat ini penjual atau pembuat sepatu kayu sekarang mulai kemunduran di karenakan pesanan sepatu kayu dari pengusaha sandal dan sepatu mulai berkurang, terutama banjirnya produk alas kaki impor yang sangat banyak. Serta adanya shoelast cetakan dari plastik dengan pembuatan secara modern.

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu