Mata bor untuk kayu dan tembok dari paku bekas


Mata bor dari paku bekas
Mata bor dari paku bekas
Sebuah alat yang sering digunakan tidak hanya oleh seorang tukang tapi juga oleh kita sebagai kaum laki dalam berbagai keperluan. Bor adalah alat untuk melobangi sesuatu benda atau apapun dengan cara yang efektif dan efisien. Sebenarnya bisa saja cara melubangi dengan cara apapun tapi dengan sebuah alat bor pekerjaan akan menjadi lebih mudah.

Bor ini ada dua macam yang biasa kita jumpai, ada bor manual tanpa tenaga listrik ada juga bor listrik yang penggeraknya menggunakan motor listrik (dinamo). Mungkin dulu umumnya menggunakan bor tangan sederhana manual dengan penggerak tenaga manusia tanpa aliran listrik, sehingga dengan tenaga serta kekuatan tangan saja kita bisa melubangi apa pun.

Bor adalah alat bantu penting dalam segala bidang pekerjaan baik di dalam atau di luar rumah. Baik bor tangan manual atau bor listrik tetap keduanya membutuhkan yang namanya mata bor, sekarang umumnya mata bor tersebut bisa di beli di toko toko bahan bangunan. Tetapi apa salahnya kita juga bisa membuatnya seperti orang orang jaman dahulu.

Cara membuat mata bor untuk kayu dan tembok dari paku bekas.
Untuk memudahkan pengerjaan di perlukan alat dan bahan.

Alat alat
Alat yang di butuhkan yaitu,
Penjepit atau catok yang gunanya untuk mengunci atau mengikat paku agar tidak bergerak ketika paku di potong dengan gergaji, di asah atau di runcing kan.
Gergaji yang gunanya untuk memotong paku, bisa juga menggunakan gerinda listrik jika tidak ada gergaji.
Kikir yang gunanya untuk meruncingkan ujung paku bisa juga batu asahan gerinda jika kikir tidak ada.

Mata bor dari paku bekas

Bahan
Karena bahan yang digunakan adalah sebuah paku bisa paku bekas atau paku yang masih baru, bisa juga paku biasa atau paku beton. Untuk paku biasa proses pembuatannya lebih mudah dan cepat sedangkan paku beton agak lama di karenakan bahan besinya berbeda, yang satu besi biasa kalau paku beton terbuat dari bahan baja. Kualitas hasilnya pun mata bor dari bahan paku beton lebih awet dan tahan lama.


Proses pembuatannya
Paku di potong dengan gergaji atau gerinda
Ujung paku yang sudah di potong di pipihkan dengan cara di pukul dengan palu, bisa juga di gerinda menggunakan gerinda listrik.
Bagian ujungnya yang sudah di pipihkan bagian ujung sebelah kanan di runcingkan. Alasan sebelah kanan agar lebih tajam ketika di putar, karena umumnya putaran bor mengikuti putaran arah jarum jam.
Agar lebih bagus hasilnya dan lebih tajam ujung bagian yang di runcingkan bisa di asah lagi dengan batu asahan biasa atau batu asahan gerinda.

Setelah selesai mata bor bisa di gunakan baik pada kayu atau lainnya yang kekerasannya di sesuaikan.
Mata bor dari paku ini bisa juga digunakan untuk melobangi tembok juga namun jika sudah kurang tajam bisa di asah sehingga tajam lagi.

Sebagai informasi lebih lengkapnya bisa dilihat videonya di Channel Youtube kami tentang cara pembuatannya di bawah ini.

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu