Cara membuat Shoelast cetakan sepatu kayu


Shoelast cetakan sepatu kayu
Shoelast cetakan sepatu
Shoelast sepatu kayu atau cetakan sepatu atau cetakan sandal adalah alat bantu penting dalam proses pembuatan sandal atau sepatu terutama untuk ukuran dan bentuk agar lebih nyaman di kaki ketika di pakai. Ada banyak istilah orang menyebut cetakan mirip kaki ini, ada yang mengatakan shoelast, list, klebut, sepatu kayu, kayu ukuran dan sebagainya. 

Dulu shoelast cetakan sepatu  ini terbuat dari bahan kayu tapi sekarang tidak, di karenakan bahan baku kayu banyak dan mudah di dapatkan serta proses pembuatan tidak begitu sulit. Maka shoelast cetakan sepatu dari kayu banyak kita jumpai.

Sekarang ada yang terbuat dari bahan plastik dengan proses pembuatan lebih modern yaitu melalui proses komputerisasi. 

Dari bahan kayu atau plastik keduanya punya kelebihan serta kekurangan, 

Kalau dari plastik fiber atau sejenisnya harus menggunakan mesin dan peralatan yang lebih modern, serta bahan bakunya pun sangat sulit di dapatkan. Kalau dari kayu bahan baku cukup murah dan banyak dan alat alat sederhana bisa di gunakan. Tinggal kreativitas dan keterampilan saja yang perlu di latih dan di asah.  

Cara pembuatan sepatu kayu sangatlah sederhana jika di lihat dari bahan baku dan peralatan yang digunakan. Penjual serta pengrajin shoelast cetakan sepatu kayu di Tasikmalaya ada daerah Mancagar Panglayungan kota Tasikmalaya. 

Shoelast cetakan sepatu kayu di buat sesuai bentuk dan ukuran standar baku yang harus di ikuti agar sandal atau sepatu ketika di gunakan bisa nyaman dan pas di pakai. Ada banyak perbedaan untuk sepatu atau sandal dan juga tiap modelnya pun beda juga sepatu kayunya meskipun sama sama sepatu atau sandal. 

Shoelast cetakan sepatu kayu

Proses dan cara pembuatan shoelast cetakan sepatu kayu 

Bahan baku 
Bahan kayu yang di gunakan harus kayu yang awet dan tahan lama, tidak mudah patah serta kayu yang tidak mudah menyusut (peot istilah orang Sunda) jika di simpan dan di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Kayu yang di gunakan umumnya adalah kayu Dukuh atau sejenisnya seperti kayu pisitan ( istilah orang Sunda ) kayu jenis ini menurut pengrajin sepatu kayu mempunyai karakteristik yang sesuai. Bahkan menurut pengalaman yang berpuluh puluh tahun sudah teruji kualitasnya. Bisa juga kayu sonokeling, sawo dan sejenisnya. 

Alat alat 
Karena cara pembuatannya sangat sederhana dan di kerjakan dengan tangan dan tidak menggunakan peralatan yang canggih dan modern, peralatan yang digunakan adalah peralatan pertukangan sehari hari yang biasa kita jumpai seperti, Golok, gergaji, pahat, kikir kayu, amplas dan alat pendukung lainnya.  

Alat pendukung lainnya 
Cetakan ukuran sepatu atau sandal, Sol sepatu atau sandal, pola alas sandal atau bisa juga contoh sepatu atau sandal aslinya bisa di gunakan sebagai pola ukuran. 

Kreativitas dan keahlian yang sudah di asah bertahun tahun sebagai pengalaman adalah yang utama, sehingga kemampuan untuk membuat Shoelast sepatu kayu ini tidak di ragukan lagi. 

Untuk gambaran lebih jelasnya bisa di lihat di Channel Youtube kami. 
Proses pembuatan shoelast cetakan sepatu dari kayu 

Bahkan untuk membuat bentuk bentuk baku sandal dan sepatu yang standar sudah tahu dan bisa di luar kepala para pengrajin. 

Tahapan pembuatan kayu gelondongan di potong dengan gergaji berukuran agak kecil atau, panjang kali lebar kali tinggi (P x L x T ) sesuai ukuran sepatu atau sandal, kurang lebih panjang 30 cm sampai 35 cm dan lebar dan tinggi di sesuaikan. 

Kemudian di bentuk bentuk kaki secara kasar dengan golok atau kapak dan di perhalus lagi menjadi mirip bentuk kaki manusia. 

Untuk detail ukuran dan penyesuaian bentuk yang akurat, bahan yang hampir jadi di kikir dengan kikir kayu dan di amplas. Sehingga bentuk shoelast cetakan sepatu kayu sesuai bentuk, ukuran standar dan ukuran tiap tiap nomornya. 


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu