Menjual produk kerajinan ke luar negeri


Menjual produk kerajinan ke luar negeri
Produk kerajinan tangan Indonesia 
Salah satu impian seorang pembuat kerajinan (pengrajin) adalah bisa menjual produknya ke berbagai negara di dunia. Cara menjual produk kerajinan ke luar negeri adalah gampang gampang susah kata mereka yang sudah berpengalaman, artinya kita bisa mudah menawarkan produk karya kita ke beberapa calon pembeli dari luar tapi ada proses dan tahapan tertentu yang mesti di pelajari lebih dalam. Etsy adalah salah satu tempat jualan produk kerajinan para perajin kreatif dari seluruh dunia, dengan persyaratan tidak begitu sulit.


Etsy.com
Adalah sebuah marketplace (tempat jualan) produk kerajinan hasil karya pengrajin tingkat dunia yang berpusat di Amerika Serikat. Dengan berbagai persyaratan yang mudah kita bisa mencoba menawarkan produk hasil karyatangan kita. Tapi ada beberapa sedikit kendala yang menjadi persoalan para penjual produk di sana, yaitu ketika memasuki proses transaksi dan pengiriman pesanan. 

Beberapa kendala 
Biaya pengiriman dan lamanya pengiriman menjadi kendala utama bahkan biaya pengiriman bisa melebihi harga produk yang di beli. Resiko kerusakan dan kehilangan menjadi kendala karena lama pengiriman yang tidak sebentar bisa berhari hari bahkan berminggu minggu hal ini akan menimbulkan berbagai resiko tersebut. Berbeda dengan proses pengiriman di dalam negeri yang tidak memerlukan waktu yang lama hanya beberapa hari bahkan sehari sampai juga bisa. Selain kendala di atas aturan bea cukai mungkin saja berlaku di setiap negara bersangkutan. 

Agar lebih mudah 
Karena proses pengiriman menjadi salah satu kendala terbesar maka untuk mensiasatinya para pembuat produk yang akan memasarkan produknya harus menciptakan sebuah produk yang tidak menimbulkan resiko kerusakan dan biaya pengiriman yang tidak terlalu besar. Artinya bentuk produk yang murah dalam pengiriman serta tahan terhadap segala kemungkinan kerusakan. Bentuk produk yang kecil dan tahan terhadap segala resiko kerusakan yang timbul akibat lamanya proses pengiriman dan perlakuan pihak pihak yang melakukan proses tersebut. 

Kualitas produk menjadi hal utama 
Sebelum memasarkan produk terlebih dulu harus memastikan apakah kualitas produk kita sudah benar benar bagus atau tidak, karena jangan sampai pembeli sudah mengeluarkan biaya dan uang begitu besar tapi setelah menerima produknya kurang begitu puas. Agar pembeli di luar sana merasa puas dan menjadi pelanggan setia yang pada akhirnya omset penjualan bisa terus meningkat dan uang pun akan mengalir deras ke kantong kita.  

Tapi untuk para pembuat produk kerajinan atau perajin yang ingin memasarkan produknya ke pasar Internasional janganlah patah semangat atau putus asa karena segala kendala dan rintangan semua bisa di atasi dengan kita mempersiapkan dengan mempelajarinya setiap persoalan yang mungkin bisa timbul. Kuncinya adalah persiapan yang matang dan terus belajar dari mereka yang sudah berpengalaman. Berikut beberapa diskusi dan perbincangan mereka


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu