Kerajinan tradisional dan produk modern


Produk kerajinan tradisional Indonesia
Sandal tradisional Indonesia
Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan berakibat berubahnya sebuah peradaban di muka bumi, yang lama akan di ganti dengan yang baru. Itulah siklus kehidupan yang terus terjadi, bahkan yang ada sekarang pun nantinya akan siap di ganti lagi dengan hal yang lebih baru lagi.

Produk produk kerajinan tradisional telah di ganti dengan produk modern. Sebagian tenaga manusia di ganti dengan tenaga mesin, produk hasil karyatangan di ubah menjadi hasil kerja alat mesin. Bahan bahan yang tadinya dari alam (alami) di ganti dengan bahan sintetis (buatan), Sekarang sudah terlihat jelas perbedaan antara produk kerajinan tradisional dan produk modern

Contoh produk kerajinan tradisional yang sudah mulai bergeser oleh produk modern.

Payung tradisional payung geulis Tasikmalaya
Dulu payung geulis produk kerajinan Tasikmalaya di buat dan di gunakan sendiri sebagai pelindung panas dan ketika hujan datang. Payung saat ini sudah di ganti dengan payung modern yang terbuat dari plastik dan besi. Penggunaan payung Tasik bergeser fungsinya menjadi payung hiasan (dekorasi) dan sebagainya.

Sandal Tarumpah dan sandal kayu (kelom geulis)
Sandal ini adalah merupakan sandal kebanggaan masyarakat Tasikmalaya atau Jawa Barat, terutama bagi penggunanya akan menjadikan kelas tersendiri. Sandal tersebut sudah bergeser pula dan di ganti dengan sandal produk buatan mesin modem dari bahan plastik atau karet.

Kerajinan bambu dan kayu
Dulu hampir semua peralatan (perabot dapur) rumah tangga dan alat alat dapur sehari hari banyak menggunakan kayu dan bambu. Sekarang semua di ganti menggunakan bahan dari logam, plastik dan bahan sintetis lainnya.

Kerajinan mebel kayu dan perlengkapan rumah 
Dulu kayu menjadi sumber bahan utama dalam pembuatan produk perabotan rumah tangga dan perlengkapan rumah sekarang sebagian besar bahan sudah di ganti tidak menggunakan kayu lagi. Ada yang di buat dari bahan plastik, besi, semen, kayu sintetis dan lain sebagainya. Proses pembuatannya juga dengan skala industri.

Kerajinan dari tanah dan batu
Perabotan dapur sekarang sudah di gantikan dengan bahan bahan plastik. Mungkin dulu terbuat dari tanah atau batu, seperti kerajinan gerabah dan alat dapur cobek batu.

Pada jaman dulu produk produk kerajinan tradisional di setiap rumah pasti punya dan di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Meskipun tidak semua tapi salah satu diantaranya pasti ada. Dengan kemajuan jaman dan teknologi modern produk produk itu dengan sendirinya hilang entah kemana. Sekarang di ganti dengan produk yang lebih modern dan praktis.

Itulah kemajuan ilmu pengetahuan sehingga pembuatan produk lebih cepat dan ekonomis. Tenaga mesin menjadi alat pendukung utama, akibatnya produk hasil kerajinan tangan kalah bersaing. Produk kerajinan menjadi hal yang langka yang unik dan jarang kita jumpai, kalau pun ada harganya lumayan mahal.

Maka kita harus memberikan apresiasi dan dukungan serta menghargai kepada orang orang yang saat ini masih bergelut dengan pembuatan produk kerajinan tradisional. Selain alasan ekonomi mereka juga telah melestarikan warisan budaya leluhur mereka, andai mereka berhenti produk warisan tersebut, maka akan hilang dan akan menjadi cerita (dongeng) masa lalu saja.

Sesuatu akan terjadi nantinya, yaitu di mana akan ada merindukan kepada hal yang berbau produk tradisional yang klasik dan ramah lingkungan (alami). Karena di sana ada banyak hal hal positif yang dapat kita ambil hikmahnya yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu