Pengrajin dan penjual batik Tasikmalaya


contoh motif batik tasik
Salah satu motif batik
Salah satu daya tarik dan kebanggaan kota Tasikmalaya adalah adanya produk kerajinan yang di buat dan di kembangkan para pengrajin Tasikmalaya. Salah satu produk hasil karya tangan pengrajin yang sampai saat ini masih ada yaitu produk kerajinan batik khas tasik. Kerajinan batik Tasikmalaya sudah sejak lama ada bahkan ketika Indonesia merebut kemerdekaan dari para penjajah. Para penjual batik Tasik umumnya mereka pengrajin pembuat batik, tapi ada juga yang hanya sebagai pengrajin atau pembuat saja. 

Bukti sejarah adanya masa kejayaan kerajinan batik Tasikmalaya adalah dengan adanya koperasi Mitra Batik Tasikmalaya koperasi tersebut merupakan wadah komunitas para pengrajin batik saat itu dalam mengembangkan usahanya, meskipun hal itu telah menjadi kenangan masa lalu.

Kerajinan batik Tasikmalaya saat ini memang masih ada hanya jumlahnya tidak sebanyak dulu. Sentra kerajinan batik Tasikmalaya saat ini ada di jalan Cigeureung kecamatan Cipedes kota Tasikmalaya. Diantara pengrajin batik Tasikmalaya yang masih bertahan adalah Deden Batik, Nanda Batik dan masih ada pengrajin lainnya. Mereka masih memproduksi berbagai macam kain batik khas Tasik meskipun jumlahnya tidak sebanyak dulu. 

Batik yang di produksi ada batik tulis ( handmade ) dan batik cap, lama pembuatan batik tulis berkisar satu sampai dua minggu bahkan lebih lama lagi tapi untuk pembuatan batik cap memakan waktu sekitar dua harian. Lamanya proses produksi batik tulis menjadikan harga batik tersebut menjadi sangat mahal. Para pengrajin yang melukis batik tulis pun mulai berkurang umumnya mereka berusia lanjut, generasi muda sekarang kurang lagi berminat menekuni usaha pembuatan batik. Sehingga jumlah pengrajin atau pengusaha batik saat ini mulai berkurang.

Warna motif batik Tasikmalaya merupakan batik yang beda dengan produk batik lainnya, dengan dominasi warna yang sangat berani mempadu padankan warna warna yang cerah, kuat dan mencolok sehingga berbeda dengan motif batik dari daerah lain. 

Motif batik mengandung Filosofi,
Motif motif pada batik umumnya di turunkan secara turun temurun dari generasi terdahulu. Motif yang sering di pakai misalnya flora dan fauna, seperti bentuk hewan atau binatang dan berbagai macam bentuk tumbuhan atau pohon. mereka terinspirasi dari lingkungan atau bentuk alam yang ada, hal ini mengandung sebuah filosofi alam yang mencerminkan keserasian kita dengan alam yang harus kita lindungi dan kita lestarikan. Saat ini motif batik sudah mulai berkembang tidak hanya bentuk bentuk alam flora dan fauna tapi bentuk lain yang modern ( batik kontemporer ) atau menurut keinginan pemesan.

Dulu pemakaian kain batik sering di gunakan pada acara acara resmi seperti pernikahan atau acara adat, tapi sekarang kain batik bisa di aplikasikan pada berbagai macam kebutuhan, tidak hanya pakaian saja tergantung keinginan, sandal, tas, celana dan lainnya.

Bahan bahan untuk membuat batik dulu mudah di peroleh para pengrajin batik Tasikmalaya sekarang sebagian bahan harus di datangkan dari daerah lain, untuk bahan kainnya para pengrajin punya pabrik teksil sendiri yaitu pabrik tekstil mitra batik di jalan Mayor SL Tobing sekarang harus beli dari daerah lain. 

Pengrajin dan penjual batik Tasikmalaya,
Pengrajin batik Tasikmalaya yang mempunyai cukup modal umumnya mempunyai tempat yang berfungsi sebagai tempat produksi dan pemasaran produk, jadi para pembeli selain bisa membeli produk kain batik juga bisa melihat cara pembuatannya bahkan kita juga bisa ikut mencoba membatik di tempat tersebut. Hal ini seperti di lakukan seorang pengrajin sekaligus penjual batik Tasik yaitu, Deden Batik yang beralamat di jalan Cigeureung Tasikmalaya, Apabila ingin membeli produk batik Tasik atau melihat proses pembuatan kain batik, berikut alamat lengkapnya, 

Deden Batik 
Jl.Cigeureung No.80 Kel. Nagarasari Kec.Cipedes
Kota Tasikmalaya.46132
Tel/Fax.(0265) 2353153-7085591 Hp.081323011888-085223527778 - 081323011888
email : deden@dedenbatik.com 

Nanda Batik 
Pemiliknya, Ade Suryana 
Jl.cigeureung No 49, Tasikmalaya. 46132 Jawa Barat, 

Masih banyak pengrajin lainnya di sentra kerajinan batik Tasikmalaya di sepanjang jalan Cigeuereung kecamatan Cipedes kota Tasikmalaya atau bisa mengunjungi outletnya di beberapa pusat perbelanjaan di kota Tasikmalaya.

#dari berbagai sumber

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu