Agar sandal sepatu awet dan tahan lama

Agar sandal sepatu awet dan tahan lama
Sepatu dan sandal adalah sebuah perlengkapan sehari hari bagi setiap orang yang sangat penting, terutama dalam aktivitas sehari-hari. Selain sebagai pelindung,  sepatu atau sandal sekarang bertambah fungsinya yaitu sebagai fashion atau gaya hidup bagi sebagian orang.

Berbagai macam model dan bentuk bermunculan setiap waktu dengan harga yang yang bervariasi dari harga yang murah sampai harga yang selangit, padahal meskipun dengan harga sangat mahal pun bahkan sampai jutaan rupiah tetap saja sandal atau sepatu hanya di pakai di kaki dengan menginjak berbagai macam hal  atau benda termasuk mungkin diantaranya kotoran.   

Kalau jaman dulu mungkin sandal dan sepatu bisa di bilang barang mewah, mungkin di karenakan berbagai hal. Orang saat itu dalam kegiatan sehari harinya jarang menggunakan alas kaki apalagi sepatu. Sekarang setiap orang yang taraf ekonominya cukup baik belanja sandal atau sepatu mungkin sebulan sekali bahkan kalau ada produk baru yang menarik perhatian mereka pasti di belinya meskipun di rumah sudah punya banyak sepatu atau sandal.

Ada juga orang yang dengan gaya hidupnya sendiri, setiap ada acara atau kegiatan tertentu mereka mendadak membelinya untuk acara tersebut, itulah keadaan gaya hidup modern saat sekarang.

Tapi bagi sebagian orang yang taraf hidupnya pas pasan  mungkin setahun sekali atau juga tiap masuk tahun ajaran baru bahkan selagi bisa di pakai kenapa harus beli yang baru atau kalau rusak bisa di perbaikinya pada tukang sol sepatu keliling. 

Kalau dulu tukang sol sepatu cukup laku karena sandal atau sepatu yang rusak suka di perbaiki, sekarang orang males apabila memperbaiki sandal atau sepatu yang rusak padahal masih bagus atau masih bisa di pakai. Dari pada di perbaiki lebih baik beli lagi yang baru karena harganya cukup terjangkau dan modelnya pun bagus bagus. Keadaan sekarang sangat berubah dengan majunya taraf ekonomi masyarakat saat ini.

Dari pada kita sering belanja sandal dan sepatu yang baru terus lebih baik kita merawat dan memelihara yang ada agar sepatu atau sandal yang kita miliki awet dan tahan lama, berikut  diantaranya,

  • Jangan di simpan di tempat yang lembab dan basah
  • Simpan pada tempatnya atau pada tempat khusus lemari atau rak
  • Sekali kali harus di besihkan dengan cara di sikat atau di lap agar debu dan kotoran yang menempel hilang,
  • Jangan di cuci dengan di cara di masukan ke dalam air karena lem perekatnya takut lepas.
  • Hindari terik sinar matahari langsung karena akan merusak warna sepatu atau sandal.
  • Hindari dan jauhkan dari minyak dan oli atau sejenisnya karena pada umumnya sandal atau sepatu bagian alasnya menggunakan bahan yang terbuat dari karet.
  • Untuk bahan yang terbuat dari kulit sekali harus di semir agar tampilan bagus dan awet.
  • Apabila ada sedikit kerusakan coba perbaiki dengan cara di lem atau di jahit pada orang yang ahli atau kepada tukang sol sepatu.
  • Khusus untuk sandal Tarumpah yang solnya terbuat dari karet mentah/kref hindari menginjak minyak atau oli karena karetnya bisa mengembang. 

Sebenarnya cara perawatan dan pemeliharaan sandal dan sepatu orang sudah banyak yang tahu tapi ini hanya sedikit menambahkan saja, cara perawatannya tergantung bahan sandal atau sepatu itu di buat dari bahan apa, dari bahan kulit, imitasi, kain, karet atau yang lainnya. 

Pada umumnya sama tapi untuk sandal dan sepatu dari bahan kulit perlu perawatan khusus misalnya jangan di simpan di bawah terik sinar matahari, apabila basah cepat di keringkan bahkan di semir agar lebih menarik karena sandal atau sepatu dari bahan kulit harganya sangat mahal jadi sayang apabila tidak di pelihara dengan baik.



Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu