Toko penjual bahan sandal di Tasikmalaya


karet bahan sandal tarumpah
Karet bahan sandal Tarumpah
Perkembangan produksi sandal di Tasikmalaya pernah mengalami masa kejayaan. sekitar tahun 1990an toko bahan sandal banyak bermunculan. Toko toko tersebut menyediakan aneka bahan sandal dari mulai bahan untuk sandal tarumpah, sandal spon, sandal dari sol cetak, kelom geulis dan sandal lainnya.

Bahan sandal yang di jual pun bermacam macam dari bahan yang terkecil sampai yang terbesar misalnya berbagai macam sol cetak berbagai model dan ukuran, bermacam jenis spon dan ketebalan, imitasi, gesper/variasi, lem berbagai merk, bahan kulit dan lain sebagainya, tapi untuk toko bahan sandal yang berbahan kulit untuk bahan sandal tarumpah dan sandal dari kulit hanya toko toko tertentu saja yang menyediakannya jadi tidak semua toko bahan sandal menyediakan bahan tersebut. 

Dulu toko bahan bahan sandal terkenal berada di pusat kota tepatnya berada di Pasar wetan, Gunung Pereng kalau dulu mereka menyebut, kalau sekarang berada belakang Matahari Dept store serta di jalan HZ Mustopa pertigaan Cipicung dan sekitar Padayungan, dulu wilayah tersebut menjadi sentra penjualan bahan bahan sandal di Tasikmalaya tapi sekarang keberadaan mereka tidak seperti dulu sebagian ada yang tutup atau mengganti dengan usaha lain. 

Toko penjual bahan sandal lama yang berada di pusat kota sekarang sepi pembeli karena di tempat sentra pengrajin sandal sudah bermunculan toko penjual bahan sandal, bahkan harganya pun tidak jauh berbeda dan bagi para pengrajin sandal selalu ada keringanan dalam cara pembayaran, sehigga hal ini bisa membantu permodalan para pengrajin dalam menjalankan usahanya.

Berikut beberapa toko bahan sandal yang ada di kota Tasik yang masih bertahan dan dapat kita jumpai pada saat ini tahun 2019

Toko Mirah Rejeki
Jln Paseh No.265
Kel Sambong Pari, Kec Mangkubumi,
kota Tasikmalaya 46181

Toko PD Tasmal
Jln Gubernur Swaka No.19
Kel Sambong Pari, Kec Mangkubumi,
kota Tasikmalaya 46181

Toko Perbu Jaya
Jln AH Nasution (jln raya Singaparna)
Kel Mangkubumi, Kec Mangkubumi,
kota Tasikmalaya 46181

Toko Jago Jaya
Jln Mayor SL Tobing No.129
Sambong Pari, Mangkubumi, kota Tasikmalaya 46181

Toko Lingna
Komplek pasar Cikurubuk, Blok VI No. 10 pasar Cikurubuk Tasikmalaya blok atau area kios/toko grosir sandal.
Kec Mangkubumi,
kota Tasikmalaya 46181


Toko Aura Jaya
Jln Tamansari Gobras No.90
Kel Mulyasari, Kec Tamansari
Kota Tasikmalaya 46196
( Toko bahan kelom geulis )

Toko Lancar Jaya
Jln Paseh No.87
Kel Tugu Jaya, Kec Cihideung
Kota Tasikmalaya 46125

Toko Alam Jaya
Jln Cihideung Balong No.38
Kel Yudanegara, Kec Cihideung Nagarawangi
Kota Tasikmalaya 46121

Toko Sejati
Jln Babakan Selakaso No.6
Kel Yudanegara, Kec Cihideung
Kota Tasikmalaya 46121

Toko Mustika
Jln Paseh No.32
Kel Tugu Jaya, Kec Cihideung
Kota Tasikmalaya 46125

Sementara toko bahan sandal yang dulu sangat ternama dan terkenal seperti
Toko Paswet atau Toko Cap Ayam yang berlokasi di pusat kota di jalan pasar wetan
Toko ini cukup di kenal dari dulu sampai sekarang terutama para pengrajin sandal di Tasikmalaya, bahan sandal tarumpah dulu tersedia disini bahkan bahan kulit juga ada 

Toko Sinar kasih 
Berada di gunung pereng atau belakang Matahari Dept store.

Toko Yemima
Berada di jalan HZ Mustofa pertigaan Cipicung Padayungan.

Sebagian sudah tidak beroperasi lagi,

Sekarang produsen atau penjual bahan bahan sandal dari luar kota dalam melakukan pemasarannya banyak yang datang langsung menemui para pengajin terutama para pengrajin sandal berukuran besar. Karena mereka mempunyai modal yang cukup, sehingga selain bahan bahan tersebut di gunakan sendiri juga bahan tersebut di jual juga kepada para pengrajin lain dan akhirnya membuka toko bahan sandal sendiri, seperti di wilayah Gobras banyak toko bahan yang menjual berbagai macam bahan spon dengan berbagai ukuran dan kualitas.

Bahkan ada juga pengrajin besar yang memproduksi sendiri berbagai macam sol yang di cetak dengan membeli peralatan dan bahan bahan yang di butuhkan, akhirnya mereka bisa memproduksi sendiri bahan sandal tersebut, selain di gunakan sendiri juga di pasarkan ke pengrajin lain atau ke toko lain yag menjual bahan sandal. 

Dengan banyaknya toko penjual bahan bahan sandal di Tasikmalaya memudahkan para pengrajin mendapatkan bahan baku sandal yang di butuhkan sehingga akan timbul banyak persaingan harga di antara penjual bahan. Sehingga harga bahan sandal menjadi tidak mahal lagi karena pengrajin bisa memilih para penjual bahan yang lebih murah.

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu