Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Jumat, 31 Januari 2014

Toko penjual bahan sandal di Tasikmalaya


karet bahan sandal tarumpah
Karet bahan sandal Tarumpah
Perkembangan produksi sandal di Tasikmalaya pernah mengalami masa kejayaan. sekitar tahun 1990an toko bahan sandal banyak bermunculan. Toko toko tersebut menyediakan aneka bahan sandal dari mulai bahan untuk sandal tarumpah, sandal dari bahan spon, sandal dari sol cetak, kelom geulis dan sandal lainnya.

Bahan sandal yang di jual pun bermacam macam dari bahan yang terkecil sampai yang terbesar misalnya berbagai macam sol cetak berbagai model dan ukuran, bermacam jenis spon dan ketebalan, imitasi, gesper/variasi, lem berbagai merk, bahan kulit dan lain sebagainya, tapi untuk toko bahan sandal yang berbahan kulit untuk bahan sandal tarumpah dan sandal dari kulit hanya toko toko tertentu saja yang menyediakannya jadi tidak semua toko bahan sandal menyediakan bahan tersebut. 

Banyak perbedaan antara dulu dan sekarang kalau dulu toko toko bahan sandal berada di pusat kota sekarang pindah ke daerah pinggiran terutama di sentra sentra produksi sandal, sekarang banyak muncul toko toko bahan sandal baru. Mungkin hal ini untuk mempermudah jangkauan para pengrajin sandal dalam mendapatkan bahan sandal sehingga mereka tidak jauh jauh pergi ke pusat kota, kalau dekat biaya transportasi menjadi murah. Tapi kalau untuk bahan bahan sandal tertentu yang ngak ada atau langka mereka terpaksa harus pergi mencari ke toko toko lain di pusat kota. 

Dulu toko bahan bahan sandal terkenal berada di pusat kota tepatnya berada di Pasar wetan, Gunung Pereng kalau dulu mereka menyebut, kalau sekarang berada belakang Matahari Dept store serta di jalan HZ Mustopa pertigaan Cipicung dan sekitar Padayungan, dulu wilayah tersebut menjadi sentra penjualan bahan bahan sandal di Tasikmalaya tapi sekarang keberadaan mereka tidak seperti dulu sebagian ada yang tutup atau mengganti dengan usaha lain. 

Toko penjual bahan sandal yang lama yang berada di pusat kota sekarang sepi pembeli karena di tempat sentra pengrajin sandal sudah bermunculan toko penjual bahan sandal, bahkan harga jual tidak jauh berbeda dan bagi para pengrajin sandal selalu ada keringanan dalam cara pembayaran, sehigga hal ini bisa membantu permodalan para pengrajin dalam menjalankan usahanya.

Berikut beberapa toko bahan sandal yang ada di kota Tasik,

Toko Paswet atau Toko Cap Ayam
Toko ini cukup di kenal dari dulu sampai sekarang terutama para pengrajin sandal di Tasikmalaya, bahan sandal tarumpah dulu tersedia disini bahkan bahan kulit juga ada tapi sekarang tidak tersedia, mungkin akibat kurangnya permintaan bahan bahan tersebut tidak tersedia.

Toko Sinar kasih 
Berada di gunung pereng atau belakang Matahari Dept store, sama seperti toko Paswet toko ini hanya menyediakan bahan bahan sandal seadanya, jadi tidak seperti dulu lagi.

Toko Yemima
Sama seperti toko toko lainnya perkembangannya tidak seperti dulu lagi, toko ini berada di jalan HZ Mustopa pertigaan Cipicung. 

Toko Jago jaya 
Berada di jalan SL Tobing, Sambong Pari pertigaan Cikurubuk ABR, mungkin karena dekat sentra pengrajin sandal toko ini masih banyak di kunjungi para pembeli bahan bahan sandal.

Toko Perbu Jaya
Toko ini juga dekat dengan para pengrajin sandal di wilayah Mangkubumi, Cigantang bahkan Sambong Pari dan sekitarnya. 

Toko Tasmal
Menurut informasi toko ini masih ada hubungan keluarga dengan toko Jago Jaya, toko ini berada di jalan Sewaka yang dekat dengan sentra pengrajin sandal di Sambong Asem, Sambong Pari, Sambong Jaya, Cigantang, Mangkubumi dan sekitarnya. 

Toko Lingna
Berada di komplek pasar Cikurubuk, tepatnya di Blok VI No. 10 pasar Cikurubuk Tasikmalaya blok atau area kios/toko grosir sandal.

Toko Sejati 
Berada di arah jalan Selakaso masuk ke jalan bekas pasar lama, di toko ini menjual berbagai macam sol sandal dan sepatu eceran ( per pasang ) atau bagian bawah/alas.

Gobras yang merupakan sentra pengrajin sandal dan kelom geulis yang cukup di kenal di Tasikmalaya. Selain produk tersebut produk sandal dari spon dan sandal yang terbuat dari bahan sol cetak masih di produksi di wilayah tersebut sehingga toko bahan sandal banyak bermunculan disana. berikut salah satu toko bahan sandal di wilayah tersebut misalnya, Toko Gobras Jaya dan Toko Aura Jaya.

Sekarang produsen atau penjual bahan bahan sandal dari luar kota dalam melakukan pemasarannya banyak yang datang langsung menemui para pengajin terutama para pengrajin sandal berukuran besar. Karena mereka mempunyai modal yang cukup, sehingga selain bahan bahan tersebut di gunakan sendiri juga bahan tersebut di jual juga kepada para pengrajin lain dan akhirnya membuka toko bahan sandal sendiri, seperti di wilayah Gobras banyak toko bahan yang menjual berbagai macam bahan spon dengan berbagai ukuran dan kualitas.

Ada juga penjual bahan sandal perorangan yang menjual bahan sandal langsung kepada para pengrajin namun jumlahnya berskala kecil, seperti para penjual bahan kulit untuk sandal tarumpah kadang ada orang yang berasal dari kota Garut yang menjadi sentra penyamakan kulit menawarkan dan menjual kulitnya kepada pengrajin sandal tarumpah atau sandal yang menggunakan bahan kulit. 

Bahkan ada juga pengrajin besar yang memproduksi sendiri berbagai macam sol yang di cetak dengan membeli peralatan dan bahan bahan yang di butuhkan, akhirnya mereka bisa memproduksi sendiri bahan sandal tersebut, selain di gunakan sendiri juga di pasarkan ke pengrajin lain atau ke toko lain yag menjual bahan sandal. 

Dengan banyaknya toko penjual bahan bahan sandal di Tasikmalaya akan memudahkan para pengrajin mendapatkan bahan baku sandal yang di butuhkan sehingga akan timbul banyak persaingan harga di antara penjual bahan. Sehingga harga bahan sandal menjadi tidak mahal lagi karena pengrajin bisa memilih para penjual bahan yang lebih murah.