Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Kamis, 14 Maret 2013

Peta Lokasi Pengrajin Kota Tasikmalaya


Untuk mempermudah mencari produk kerajinan Tasikmalaya bisa langsung ke tempatnya menemui para pengrajin dengan melihat peta lokasi para pengrajin Kota Tasikmalaya di bawah ini, mungkin ini tidak secara detail menunjuk lokasi para pengrajin tersebut tapi ini bisa di jadikan sebagai petunjuk untuk menemui dan mengetahui para pengrajin yang di maksud.

Peta lokasi pengrajin Kota Tasikmalaya

Peta Lokasi Pengrajin Kota Tasikmalaya

Pengrajin Kelom Geulis,
Untuk menemui pengrajin Kelom Geulis, pengrajin Mebel kayu atau produk sandal Tasikmalaya lainnya terutama dari bahan spon dan sol cetak, jika menggunakan kendaraan umum dari terminal Bis Tasikmalaya bisa langsung naik angkutan kota 010 jurusan Geger Noong / Gobras angkot warna kuning lansung turun di tempat para pengrajinnya atau bisa naik Bis jurusan Manonjaya / Cineam. lokasi mereka  berada tepatnya di Kampung Gunung Kanjere, Gobras atau Nagara Kasih dan sekitarnya.

Kalau memakai kendaraan sendiri langsung menuju pusat kota lalu menuju ke selatan atau jalan Perintis Kemerdekaan setelah Pasar Padayungan ada pertigaan jalan Cagak gobras atau jalan Taman sari atau jalan Gobras dan masuk belok kiri ke jalan tersebut nanti akan bertemu sekitar 1 km jarak dari pertigaan tersebut, sebenarnya masih ada jalan lain menuju kesana tergantung di mana posisi berada.  

Pengrajin Bordir Tasikmalaya
Dari Terminal Bis bisa naik Angkutan kota ( Angkot ) 010 turun di Pasar Cikurubuk dan naik angkutan 015 jurusan Tanjung, Saguling, Kawalu atau Cibeuti atau bisa naik bis dari terminal jurusan Tasikmalaya bagian selatan. Pengrajin Bordir adalah sentra kerajinan yang paling luas dan paling banyak tidak hanya di wilayah itu saja, di pinggir pinggir jalan sepanjang jalan Kawalu atau Jalan Perintis Kemerdekaan tepatnya jalur angkutan kota 03 bisa kita jumpai beberapa Butik atau pengrajin kerajinan Bordir Tasikmalaya. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di artikel tentang lokasi sentra kerajinan bordir Tasikmalaya.

Pengrajin Payung Geulis,
Dari terminal Bis bisa naik Bis jurusan Ciamis turun di pertigaan Jati atau Panyingkiran tepatnya depan pom bensin, Angkutan yang bisa di lalui yaitu Angkot 05, 06 atau 018, silakan tanya disana daerah Panyingkiran tempat pengrajin Payung Geulis pasti di sana banyak yang mengetahuinya.Kalau dari arah Bandung langsung menuju pusat kota jalan Raya Indihiang masuk jalan RE Marthadinata.sebelum masuk jalan RE Marthadinata ada stopan Jati di sekitar sana tempatnya pengrajin payung geulis Tasikmalaya.

Pengrajin Batik Tasik,
Angkutan yang bisa di lalui yaitu angkot 09 jurusan Cigeureung Kecamatan Cipedes atau Cinehel tidak jauh dari pusat kota Tasikmalaya atau yang lebih populer pertigaan Yogya Dept store Mitra Batik ada satu jalan menuju ke sana.

Pengrajin kerajinan Mendong
Mereka berada di wilayah kecamatan Purbaratu dan kecamatan Cibeureum kota Tasikmalaya.

Pengrajin produk kerajinan bambu
Memang agak susah karena jaraknya sangat jauh ada beberapa tempat yang perlu di kunjungi yaitu Kampung Nangorah Singaparna, Situ Beet kecamatan Mangkubumi dan suatu daerah di Kecamatan Bungursari angkutan yang harus di gunakan yaitu Ojeg dan Angkutan Pedesaan Pasar Cikurubuk atau dari Singaparna.

Pengrajin Sandal Tarumpah,
Sekarang agak susah untuk mencari pengrajin sandal tarumpah karena mereka banyak yang tidak memproduksi lagi mungkin hanya sedikit, untuk menemui pengrajin sandal tarumpah bisa berkunjung ke daerah Sambong, Mangkubumi atau Sambong Asem dan sekitarnya, Angkutan yang bisa di lalui yaitu Angkot 04 jurusan Mangkubumi atau 015 dari Pasar Cikurubuk

Dengan tidak adanya generasi penerus yang melanjutkan bidang usaha pembuatan produk kerajinan banyak pengrajin berhenti tidak meneruskan usahanya atau dengan berbagai alasan mereka berganti mencari usaha lain.

Demikian sedikit informasi mengenai lokasi para pengrajin di kota Tasikmalaya dan masih banyak lagi para pengrajin lain yang juga membuat produk produk kerajinan. Untuk memudahkan pencarian produk produk kerajinan Tasikmalaya bisa juga mengunjungi tempat informasi resmi yaitu Imah Tasik atau Rumah Tasik yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan Kawalu atau bisa juga ke pasar Rajapolah tempat pemasaran berbagai produk kerajinan yang lengkap.