Mangkok dari bambu


Mangkok dari bambu
Mangkok dari bambu
Dulu berbagai macam peralatan dapur banyak menggunakan bahan dari kayu atau bambu, mungkin karena ilmu pengetahuan dan teknologi maju belum di temukan dan hanya kayu dan bambu yang bisa digunakan dan di peroleh serta mudah sekali di buatnya. 

Pada umumnya sekarang berbagai macam peralatan dapur atau peralatan untuk makan yang sering kita gunakan sehari-hari terbuat dari bahan keramik, plastik, logam, kaca dan sebagainya. Sepertinya yang terbuat dari kayu atau bambu tentunya sangat jarang sekali. 

Sekarang jaman sudah mulai berubah dan kembali ke jaman dulu, berbagai macam kebiasaan jaman dulu sekarang sudah mulai di lakukan. Seperti halnya makan di tempat yang berhubungan dengan suasana lingkungan alam pedesaan serta menggunakan berbagai macam peralatan jaman dulu. Seperti tempat duduk menggunakan kayu atau bambu bahkan tikar atau tempat makanan menggunakan daun pisang atau piring kayu atau mangkuk yang terbuat dari bambu. 

Banyak peralatan makan dan minum menggunakan bahan dari bambu atau kayu, seperti misalnya gelas, teko, sendok, piring, mangkuk, sumpit dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara membuat mangkok dari bambu atau mangkok bambu, pengerjaanya di lakukan oleh seorang perajin profesional yang ahli di bidangnya. Tapi tidak menutup kemungkinan seorang yang kreatif dan ulet pasti bisa juga membuatnya. 

Mangkok atau mangkuk bambu terbuat dari bahan bambu, karena mangkuk umumnya berukuran besar maka bambu yang di gunakan juga bambu yang berukuran besar, seperti bambu petung ( dalam bahasa Sunda di sebut awi Bitung ). Mungkin akan berbeda jika bahan yang di gunakan untuk membuat gelas dari bambu pasti bambu yang di gunakan adalah bambu berukuran agak kecil. 

Alat dan bahan yang di gunakan untuk membuat mangkuk dari bambu serta proses pembuatannya, 

Bahan 
Bambu yang berukuran besar
Bambu untuk pembuatan mangkuk
Bambu untuk pembuatan mangkuk
Alat alat
Gergaji, golok, meteran atau ukuran dan seperangkat alat dan mesin bubut termasuk di dalamnya pisau untuk bubut. 

Proses pembuatan
Setelah bambu di tebang potong potong pada bagian buku atau ruasnya yang di ambil adalah bagian bawah sampai bagian tengah pohon bambu tersebut. Untuk tengah sampai ke bagian ujung tunas tidak di gunakan karena bentuknya agak mengecil dan cenderung tipis. 

Setelah di potong sesuai ukuran mangkuk yang akan di buat dan di ambil hanya bagian ruas atau buku kemudian di buang lapisan kulit luarnya dengan cara di iris atau di belah dengan golok sampai lapisan bagian luar hilang. 

Kemudian di beri bantalan kedua lubang bagian sisi yang terbuat dari kayu berbentuk silinder bulat sebagai penahan ujung poros mesin bubut. Langsung ke tahap pembubutan sesuai bentuk yang di inginkan. 

Setelah selesai proses pembubutan kemudian di rapikan dengan memotong bagian sisi yang tidak di perlukan sambil kedua bantalan kayu tadi di lepaskan. 

Finishing dan pewarnaan
Untuk proses finishing atau pewarnaan harus benar benar aman untuk kesehatan karena berhubungan dengan makanan maka harus menggunakan pewarna yang alami dan ramah lingkungan dan tidak boleh menggunakan cat atau pewarna kimia.

Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat videonya di YouTube silakan Cara membuat mangkok dari bambu

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu