Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Sabtu, 15 April 2017

Produk lokal asli Indonesia


Indonesia kaya akan berbagai hasil alam yang melimpah baik hasil pertanian maupun hasil peternakan. Pemberdayaan yang belum maksimal menyebabkan produk hasil alam Indonesia menjadi kalah bersaing dengan produk dari luar atau impor.

Produk lokal Indonesia umumnya berkembang secara alami tanpa adanya bantuan unsur rekayasa, berbeda dengan produk produk impor dari luar sana yang banyak melibatkan rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga hasilnya cukup bagus dan banyak. 

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya produk yang berasal dari luar membuat kapasitas produksi dari negara negara maju membanjiri pasar dalam negeri. Hal itu karena kapasitas produksi kita tidak bisa memenuhi kebutuhan sendiri serta kalah oleh negara maju dan impor produk pun terpaksa di lakukan. 

Dari segi kuantitas atau kapasitas produksi kita masih sedikit tapi dari segi kualitas produk lokal asli Indonesia sebenarnya masih paling unggul. Mungkin upaya pengembangan budidaya dan pemeliharaan yang baik harus di tingkatkan agar jumlah produksinya bisa lebih meningkat. 

Contoh berbagai hasil alam asli Indonesia yang menjadi produk unggulan, 

Hasil pertanian 
Hasil pertanian yang paling bagus adalah produk lokal di banding produk impor. Seperti contoh kacang kedelai hasil impor dan produksi lokal sangat jauh berbeda, kedelai lokal sebenarnya adalah yang terbaik di banding kedelai impor. Begitu juga dengan hasil pertanian lainnya seperti buah buahan, sayur mayur dan lainnya. 

Hasil peternakan 
Untuk ternak khususnya ternak sapi potong yang paling bagus adalah daging sapi lokal di banding dengan sapi impor. Begitu pula kulit untuk bahan penyamakan kulitnya seperti kulit sapi atau kambing, bahan baku lokal adalah yang paling bagus dan banyak di minati oleh perusahaan besar dari luar. 

Bahkan hasil penyamakan (pengolahan) kulit dari hewan lokal mempunyai kualitas yang lebih bagus, harganya sangat mahal dan banyak di ekspor ke negara pembuat produk berkualitas berbahan kulit. 

Hasil alam dan hutan 
Berbagai hasil alam Indonesia sudah banyak di manfaatkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan berguna, terutama jenis kayu yang sangat langka dan berkualitas banyak di gunakan menjadi produk produk bernilai ekonomi tinggi. Dan masih banyak hasil alam yang melimpah lainnya yang telah di manfaatkan. 

Persoalannya tinggal kita sendiri yang harus bisa memanfaatkan dan mengelola berbagai potensi yang kita miliki untuk menjadi  sesuatu yang lebih bermanfaat atau di buat produk produk yang mempunyai nilai ekonomi yang menguntungkan. Sehingga kesejahteraan masyarakat di Indonesia bisa meningkat.

Posting Komentar