Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Kamis, 02 Maret 2017

Senjata tradisional Indonesia


Senjata tradisional Indonesia
Senjata tradisional Kujang
Sumber foto, kujangsiliwangi(dot)com
Jika membicarakan banyaknya kekayaan Indonesia memang tidak ada habis habisnya, dari kekayaan alam hingga seni budaya. Apabila di telusuri sepertinya tidak akan selesai berbagai cerita peninggalan sejarah tersebut. Dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia banyak yang harus kita gali lebih banyak sebagai bahan informasi penting khususnya bagi generasi muda dan mendatang.

Salah satu cerita peninggalan sejarah yang sangat populer sampai saat ini adalah berbagai senjata tradisional Indonesia. Benda peninggalan bernilai seni dan sejarah tersebut sampai sekarang masih di tetap di kagumi dan terpelihara. Berikut beberapa senjata tradisional Indonesia yang menjadi kebanggaan,

Keris
Senjata tradisional ini adalah yang paling populer sehingga menjadi benda yang telah di akui dunia dengan di berikan penghargaan oleh badan dunia UNESCO sebagai benda warisan budaya dunia. Keris adalah benda yang memiliki penomena tersendiri baik bagi pemiliknya maupun cerita yang di kandung pada keris tersebut. Bagi sebagian orang keris punya daya tarik dan kekuatan yang tidak terpikir oleh orang biasa serta punya pengaruh terhadap orang yang memilikinya.

Berbagai cara perawatan dan pemeliharaan masih menggunakan cara khusus yang tidak sembarangan. Bahkan waktu untuk membersihkannya pun tidak sembarang waktu, ada waktu tertentu untuk melakukan pembersihannya. Orang yang melakukannya juga ada ritual ritual tertentu (khusus) yang wajib di lakukan.

Kujang
Adalah senjata tradisional khas khas Jawa Barat yang menurut cerita dulu merupakan benda peninggalan bersejarah. Kujang merupakan peralatan tradisional yang di gunakan sehari hari orang jaman dahulu. Sekarang kujang masih tetap di lestarikan meskipun tidak dalam bentuk aslinya. Bahkan kujang sekarang menjadi simbol kebanggaan serta lambang pemerintah jawa barat, hal ini agar masyarakat sekarang dan generasi mendatang tahu akan sejarah masa lalu para leluhurnya. Simbol bentuk kujang sekarang menjadi hiasan atau assesoris pada pakaian tradisional sunda.

Rencong
Aceh merupakan daerah yang memiliki senjata tradisional ini, Rencong menjadi simbol perlawanan terhadap bangsa penjajahan yang telah menindas bangsa ini. Para pahlawan dan pejuang aceh menggunakan rencong sebagai alat senjata.

Sampai sekarang senjata tradisional ini masih tetap di buat oleh beberapa pengrajin, pembuatnya tetap masih menerima pesanan dari pelanggannya. Untuk saat ini rencong banyak di buat untuk keperluan sehari hari dan sebagai oleh oleh atau suvenir khas aceh jika berkunjung ke wilayah ini. 

Mandau
Mandau adalah salah satu senjata tradisional Indonesia Mandau merupakan senjata tajam sejenis parang berasal dari suku Dayak di Kalimantan. Berbeda dengan senjata tradisional lainnya, mandau memiliki ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam.

Sebenarnya masih banyak lagi berbagai macam senjata tradisional yang di miliki masyarakat Indonesia di berbagai daerah lainnya. Semua senjata tradisional Indonesia mempunyai cerita dan arti sejarah yang terkandung dalamnya.

Sumber artikel, dari berbagai sumber

Posting Komentar