Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Sabtu, 25 Februari 2017

Bahasa sunda bahasa asli daerah Jawa Barat


Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya dan seni tradisionalnya, keanekaragaman bahasa daerah adalah diantaranya. Bahasa asli daerah di Jawa Barat adalah bahasa Sunda tapi ada juga bahasa daerah di Jawa Barat yang agak berbeda seperti di Cirebon. Hal ini mungkin karena daerah tersebut berbatasan dengan jawa Tengah yang penduduknya menggunakan bahasa jawa. 

Arus informasi yang begitu kuat
Seiring dengan perkembangan jaman serta media informasi yang menyebar begitu luas saat ini, bahkan tidak hanya di kota besar saja tapi sampai ke pelosok daerah pedesaan. Bahasa daerah khususnya bahasa Sunda sudah mulai di geser oleh bahasa bahasa lain yang lebih populer.

Kebiasaan pada umumnya saat ini menggunakan bahasa Sunda asli sepertinya kurang begitu tertarik, sehingga penggunaan bahasa Sunda sering di tambah atau gabung dengan istilah lain (bahasa) asing di luar bahasa Sunda menjadi bahasa sehari hari.

Bahkan menurut para ahli seni dan budaya penggunaan bahasa sehari hari di jawa barat sungguh memprihatinkan, khususnya generasi muda sekarang mereka kurang begitu tahu arti dari kata kata dalam bahasa Sunda itu sendiri. Bahkan memperkirakan bahasa asli jawa barat ini akan mengalami kepunahan. 

Bahasa Sunda dalam kehidupan sehari hari 
Upaya pelestarian harus di upayakan dengan dukungan berbagai pihak dan yang paling utama pemerintah, agar penggunaan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari hari di masyarakat baik di lingkungan formal dan informal masih tetap di pakai 

Perkembangan dunia informasi khususnya Internet menjadi faktor terbesar perubahan perilaku masyarakat saat ini, bahkan aktivitas masyarakat sehari hari tidak lepas dari dunia ini. Berbagai istilah istilah asing (baru) menjadi hal yang tidak bisa terhindarkan. Sehingga kalau tidak di berikan pemahaman yang baik, hal ini akan menimbulkan "kelupaan" bagi penggunanya.

Dalam bahasa sehari hari sekarang orang tidak lepas dari istilah asing atau di luar bahasa Sunda, seperti halnya pengucapan sapaan dalam interaksi sosial di masyarakat. Misalnya dalam menyapa orang atau menyebut sesuatu sekarang tidak lagi menggunakan bahasa Sunda. 

Pergeseran nilai pun sekarang sudah mulai terjadi, sehingga penggunaan bahasa Sunda sebagai bahasa ibu maupun daerah akan mulai terkikis pula. Apalagi jika penggunaan dan pengajaran bahasa Sunda tidak dioptimalkan pada generasi muda sekarang. 

Upaya pemerintah daerah 
Para pembuat kebijakan serta pimpinan daerah di Jawa Barat saat ini harus menjadi teladan dan lebih menekankan penggunaan Bahasa Sunda di lingkungan pemerintahannya sendiri.

Siswa di sekolah atau lembaga pendidikan harus dapat mulai menerapkan penggunaan bahasa Sunda di lingkungan pendidikan. walaupun tetap tidak mengesampingkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Walaupun terkesan dipaksakan, tapi harus yakin ke depannya akan berjalan baik. Pasalnya, hal itu dapat menjadi salah satu upaya konkret pemerintah daerah.

Cara penulisan aksara bahasa Sunda 
Pengenalan aksara Sunda yang masih tidak dimengerti oleh banyak orang. pengetahuan cara penulisan pun harus di perkenalkan kembali, karena cukup miris banyak orang asli Sunda sudah tidak tahu tata cara penulisan bahasa Sunda yang baik dan benar. 

Generasi muda harus mengenal bahasa daerahnya sendiri atau bahasa ibunya terlebih dahulu. Lalu di perkenalkan bahasa lainnya. Penggunaan bahasa daerah, dalam hal ini Bahasa Sunda dinaggap lebih baik dan sebagai jati diri, terlebih bahasa merupakan kekayaan tak terhingga.

Sumber artikel, Pikiran rakyat dan berbagai sumber tambahan

Posting Komentar