Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Minggu, 30 Maret 2014

Proses pembuatan payung geulis kain dan kertas


Pengrajin rangka payung geulis
Pengrajin rangka payung geulis
Keunikan payung geulis atau payung tradisional Indonesia asal Tasikmalaya adalah bahan bahannya terbuat dari bahan yang sangat sederhana, sebagian besar terbuat dari bahan alam yang ada di sekitar kita, seperti kayu dan bambu menjadi bahan utama selain kertas dan kain sebagai penutup.

Selain keunikan tersebut dalam proses pembuatan payung geulis kertas atau kain melibatkan beberapa kelompok orang yang mempunyai keahlian yang berbeda. Dari mulai orang yang ahli dalam pertukangan kayu, meraut atau menghaluskan bambu, melukis, menjahit bahkan mengecat atau finishing, semua itu haruslah orang yang mempunyai keahlian khusus dan ahli di bidangnya agar menghasilkan produk yang bagus dan berkualitas.

Sepertinya tidak mungkin kalau dalam proses pembuatan payung geulis di buat oleh satu orang pengrajin dari awal sampai selesai, mungkin karena prosesnya yang sulit dan rumit serta keterbatasan kemampuan manusia itu sendiri sehingga harus melibatkan orang lain. Ada sebuah nilai kehidupan yang dapat kita ambil di sana yaitu saling berbagi dengan orang lain untuk dapat menikmati atau berbagi hasil keuntungan yang di peroleh dalam setiap tahapan dan proses pembuatan payung geulis. 

Beberapa bagian atau komponen payung yang harus di buat oleh beberapa orang pengrajin lain diantaranya, 

1. Pembuatan rangka payung 

Proses pembuatan rangka payung geulis ini harus melibatkan banyak orang dan kelompok orang juga minimal dua orang. pembuatan ( bola bola ) bagian tengah payung geulis yang terbuat dari kayu sebagai bagian pengikat jari jari payung, orang yang mengerjakan bagian ini adalah orang yang harus ahli dalam bidang perkayuan, dari proses mencari bahan kayu, memotong dan menggergaji sampai membentuknya dengan cara di bubut. 
Pengrajin rangka payung geulis
Memasang jari jari payung 
Pembuatan jari jari payung yang terbuat dari bambu yang di bentuk dan di potong serta di raut serta di lobagi dengan mata bor kecil, pembuatan jari jari ini di buat dua bagian, bagian bagian atas atau di sebut usuk dan bagian dalam atau di sebut sanggah yang keduanya berbeda bentuk dan ukuran.

Pembuatan bagian bagian tersebut bisa berbeda beda tergantung ukuran payung yang akan di buat misalnya ada payung yang berukuran diameter 30 cm, 40 cm, 50 cm, 70 cm, 80cm, 100 cm, 120cm bahkan ada yang lebih besar lagi sesuai keinginginan pemesan atau pembeli. Proses terakhir dalam pembuatan rangka payung ini adalah memasang semua jari jari pada bagian kayu ( bola bola ) dengan cara di ikat dengan tali ( tiir ), proses pemasangan ini melibatkan orang yang berbeda juga, umumnya ibu ibu yang mengerjakan pemasangan ini. 

 2. Pembuatan gagang atau pegangan payung 

Orang atau pengrajin yang mengerjakan pembuatan gagang atau pegangan ini adalah orang yang ahli dalam bidang perkayuan, dari mulai mencari bahan yang bagus dan berkualitas sampai membentuk dengan cara di potong dan di belah dengan gergaji kemudian di bubut sehingga bagian gagang atau pegangan menjadi siap di gunakan dan di pasang pada payung geulis.



gagang atau pegangan payung geulis
Gagang atau pegangan Payung geulis

Beberapa bagian gagang yang harus di buat yaitu membuat gagang, bagian pegangan dan memasang kawat pengunci pada bagian tengah gagang. Pembuatan ujung payung ( kuncung ) sebagai penghias juga di kerjakan dengan cara di bubut dan di haluskan.

 3. Membuat sebuah payung geulis menjadi siap pakai dan siap jual 

Kedua proses bagian 1 dan 2 adalah pembuatan komponen utama yang terpenting pada payung geulis, orang yang mengerjakan proses ini atau pemasangan kertas atau kain dan finishing adalah orang yang berbeda lagi dan melibatkan beberapa orang yang berpengalaman, Beberapa tahapan yang mereka lakukan adalah 
  • Pemasangan benang pada rangka payung bagian sisi dan rangka pada gagang 
  • Pemasangan bagian atas atau penutup payung dari kain atau kertas ( terap ), 
  • Memasang benang bagian dalam ( rarawat ), 
  • Mengecat semua bagian payung yang harus di cat (gagang dan payung kertas)
  • Menjahit bagian ujung payung untuk payung yang terbuat dari bahan kain, 
  • Melukis atau menggambar 
  • Memasang / menyetel seluruh bagian bagian payung menjadi sebuah payung yang bisa di gunakan termasuk memasang gagang atau pegangan dan bagian ujung ( kuncung ) serta hiasan kertas pada ujung bagian tengah ( omyok ) 
Semua proses produksi banyak orang yang terlibat, pembuatan satu buah payung mungkin bisa di buat oleh satu orang tapi dalam jumlah yang banyak sepertinya tidak mungkin . Sebenarnya kalau kita telusuri yang di sebut pengrajin payung geulis adalah banyak dari mulai pembuatan rangka payung, gagang payung sampai pada proses penyelesaian menjadi sebuah payung yang siap pakai dan siap jual.

Dalam proses pemasaran payung geulis Tasikmalaya umumnya mereka sudah mempunyai pelanggan atau pembeli masing masing yang biasa datang dan memesan produk mereka, biasanya pelanggan mereka datang langsung ke tempat pengrajinnya atau memesan lewat telepon atau sms dan mengirim payungnya ke pelanggannya tanpa harus bertemu langsung.