Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Rabu, 15 Januari 2014

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat


Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat
Payung geulis kertas polos
Berbagai produk kerajinan tangan yang menjadi ciri khas daerah Jawa Barat bisa di bilang cukup banyak dan di buat dari berbagai jenis bahan, di produksi di berbagai daerah di wilayah jawa barat diantara kota kerajinan ternama di jawa barat yaitu di Tasikmalaya, Cirebon, Garut, Bandung dan masih banyak daerah penghasil produk kerajinan tangan lainnya. 

Produk kerajinan tangan khas jawa barat pada umumnya hasil karya kerajinan tangan sederhana dari bahan bahan alam , berbagai macam kategori kerajinannya meliputi, 

1. Pakaian dan busana 
Jawa Barat juga mengahasilkan kain batik, setiap daerah di Jawa Barat dapat kita jumpai para pengrajin batik meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, produk kerajinan batik yang sangat terkenal di jawa barat yaitu kerajinan batik khas Cirebon dengan motif khasnya mega mendung. 

Selain batik, Jawa Barat juga terkenal dengan produk pakaian atau busananya yaitu produk pakaian jadi atau busana muslim, Tasikmalaya merupakan penghasil produk busana muslim dengan kualitas dan motif bordir yang cukup di kenal terbukti di Pasar Tanah Abang Jakarta produk busana muslim kota Tasik menjadi primadona dan menjadi buruan pembeli dari berbagai daerah bahkan manca negara.Para pedangang pasar Tanah Abang yang menjual produk busana muslim umumya dari Tasikmalaya.

2. Alas kaki sandal dan sepatu 
Produk alas kaki dan sepatu yang sangat populer di jawa barat yaitu produk sepatu Cibaduyut, tidak hanya di kenal di wilayah jawa barat saja, Produk sepatu Cibaduyut juga sudah di kenal dan menyebar ke  berbagai wilayah di Indonesia bahkan manca negara.

Tasikmalaya juga penghasil produk alas kaki yang terbesar di jawa barat banyak sentra pengrajin pembuatan sandal di sana, selain sandal Tarumpah produk sandal yang sangat populer yaitu kelom geulis. Bahkan kelom geulis menjadi ikon produk kerajinan Tasikmalaya. Sebenarnya produk sandal Tasikmalaya banyak macam dan jenisnya ada yang terbuat dari bahan spon, sol cetak atau dari bahan kulit juga bentuk dan model yang sangat menarik. Selain Tasikmalaya Bogor juga daerah penghasil produk sandal di jawa barat.

3. Kerajinan alat kesenian
Jawa Barat banyak terdapat jenis seni tradisional yang cukup banyak sehingga alat alat kesenian pun banyak di buat. Bahan yang banyak di gunakan umumnya adalah bambu atau kayu, yang sangat terkenal produk kerajinan tangan untuk alat kesenian khas Jawa Barat yaitu

Angklung
Adalah jenis alat musik tradisional jawa barat yang sangat unik karena terbuat dari bahan bambu, dengan bentuk yang sederhana sehingga menghasilkan nada nada suara yang khas dan beda dari alat alat musik tradisional lainnya. Sanggar Saung Angklung Udjo adalah yang sangat giat mengembangkan dan mempolerkan alat musik angklung ini.

Wayang golek
Selain sebagai produk alat kesenian pertunjukan, wayang golek juga sering di jadikan sebagai souvenir atau oleh oleh khas daerah Jawa Barat. Saat ini pengrajin yang membuat alat kesenian tradisional wayang golek ini sangatlah jarang.

4. Perabot dan peralatan tradisional 
Produk kerajinan bambu banyak menghasilkan berbagai peralatan tradisional yang di gunakan sebagai perabotan rumah tangga atau peralatan dapur sehari hari, misalnya Boboko, Hihid, Tudung saji dari bambu, berbagai tempat makanan, keranjang dan berbagai peralatan rumah tangga sehari hari lainnya. Produk produk tersebut sekarang jarang di gunakan lagi oleh masyarakat kita sehingga pengrajinnya pun juga mulai berkurang.
  
5. Souvenir dan hiasan 
Produk kerajinan tangan dalam bentuk souvenir atau hiasan adalah yang paling banyak hampir di setiap daerah di jawa barat pasti ada. Produk souvenir dan hiasan khas jawa barat yang paling terkenal yaitu Payung geulis selain sebagai souvenir atau hiasan, payung geulis banyak di gunakan sebagai alat peraga untuk acara acara kesenian tradisional khas jawa barat. Pada saat sekarang payung geulis banyak di gunakan sebagai media seni lukis dan sebagai hiasan dekorasi ruangan di tempat tertentu. 

Bebagai jenis anyaman dari bahan bahan alami sekarang mulai di kembangkan meskipun kalau di Tasikmalaya sudah dari dulu. Banyak produk yang mereka hasilkan dari mulai tas, dompet, tikar, hiasan dinding, sandal, berbagai macam assesoris dan lain sebagainya. Bahannya pun berkembang dengan bahan bahan unik misalnya eceng gondok yang telah di keringkan dan di olah sedemikian rupa.

Sebenarnya masih banyak berbagai macam produk kerajinan tangan khas jawa barat lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu, misalnya Kota Garut yang terkenal dengan berbagai produk dari bahan kulit atau Cirebon dengan produk rotannya.