Toko online produk lokal


Toko online produk lokal
Produk kerajinan lokal
Dengan ramainya bisnis online saat ini penjualan berbagai macam produk meningkat pesat baik produk lokal atau produk dari luar. Dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada baik marketplace atau media sosial banyak produk yang di jual. Tapi yang membuat penasaran kenapa sangat jarang kita temukan yaitu Toko online produk lokal yaitu situs atau website yang khusus menjual produk merk (brand) lokal asli Indonesia. 

Tapi yang kita saksikan saat ini kebanyakan produk produk luar dan impor yang mendominasi etalase berbagai toko online dan beberapa marketplace, kalau di hitung jumlahnya penjualan produk lokal hanya beberapa persen saja bahkan bisa di hitung dengan jari. 

Produk produk lokal asli Indonesia yang masih banyak di jual secara online yaitu produk busana muslim dan hijab, dan ada pula berbagai macam produk kerajinan khas daerah. Selain itu semua hanya produk produk luar impor dari China. 

Produk kerajinan lokal 
 Untuk saat ini produk lokal masih berkisar pada produk produk kerajinan lokal yang jumlah produknya tidak banyak. Dan jumlah toko online produk kerajinan sangatlah jarang terutama toko online yang khusus menjual produk (brand) mereka sendiri. Meskipun ada hanya di jual di marketplace atau media sosial yang produknya dari segelintir pengrajin lokal. Untuk website yang menjual produk kerajinan lokal hasil produksi sendiri masih langka kalau pun ada jumlahnya sangat sedikit. 

Produk busana muslim dan hijab 
Toko online produk lokal banyak di dominasi oleh produk busana muslim dan hijab sepertinya sekarang sedang menjamur yang bermunculan di mana mana. Banyak nama nama merk brand lokal asli Indonesia yang mendominasi pasar di Indonesia baik yang di tawarkan di sosial media, website atau pun di marketplace. Tapi tetap saja brand lokal yang menjual produknya di website mereka sendiri jumlahnya sedikit hanya brand ternama saja. Brand lokal ternama umumnya mereka mempunyai website sendiri karena mereka umumnya mempunyai sumber daya yang cukup dan pengalaman yang cukup serta mereka umumnya berpikir lebih maju ke depan. 

Produk Fashion 
Pada mulanya produk Fashion lokal asli Indonesia sudah berjalan dengan bagus tapi dengan berjalannya waktu, sekarang kena juga imbas serangan produk impor, seperti pakaian, sandal, sapatu dan sebagainya. Untuk sekarang mencari produk Fashion lokal asli Indonesia cukup sulit kita temukan. 

Saatnya menjual produk sendiri di blog atau website milik kita sendiri
 Waktunya untuk berfikir lebih maju ke depan dengan kita punya produk dan merk sendiri serta penjualan melalui website sendiri juga, maka sebuah brand atau merk tersebut di harapkan akan semakin bagus dan meningkat. Dan tentu dengan kualitas produk dan layanan terbaik sehingga pelanggan akan senang dan puas. 

Jika kita melakukan penjualan produk kita melalui blog atau website kita sendiri maka data base pelanggan otomatis menjadi milik sendiri berbeda dengan penjualan melalui marketplace, penjual tidak memiliki akses kepada data email pelanggan hanya data nomor handphone saja. Dengan website sendiri kita bebas mengolah semua data pelanggan untuk keperluan bisnis kita ke depan. 

Hal itu berbeda dengan penjualan melalui marketplace, semua data pelanggan bukan milik penjual atau pelapak tapi milik pihak marketplace. Sedangkan data base email pelanggan adalah aset sangat penting untuk keperluan bisnis kita selanjutnya. 

Jika marketplace tersebut sudah di miliki perusahaan luar atau tutup tidak beroperasi lagi maka data pelanggan kita akan hilang hanya mereka yang memilikinya. Dan data dan perilaku pelanggan tersebut di gunakan dan di olah oleh mereka untuk membuat kebijakan impor produk mereka ke Indonesia. 

Penjualan produk di marketplace 
 Produk lokal yang jual di marketplace jumlah sangat kecil, yang mendominasi adalah produk produk impor dari luar. Terutama untuk produk elektronik, aksesoris Handphone dan sejenisnya produk lokal Indonesia hampir tidak ada. Untuk produk pakaian sekarang sudah banyak di penuhi produk dari luar terutama produk dari China. Dengan harga yang sangat murah mengakibatkan produk lokal UMKM kita mulai mengeluh dengan persaingan yang tidak masuk akal. 

Dengan hal tersebut jangan heran suatu saat kita akan menjadi penonton di lahan usaha kita sendiri. 

Gerakan mencintai dan membeli produk lokal Indonesia
Tidak salahnya jika kita adakan sebuah gerakan untuk melindungi dan membantu para pengusaha lokal dengan di lakukan gerakan cinta produk lokal dengan membeli dan menggunakan produk lokal asli Indonesia hasil karya anak bangsa. Dengan begitu para pelaku serta pembuat produk Indonesia bisa terbantu sehingga aktivitas usaha mereka menjadi terangsang kembali bergairah. 

Untuk para penjual produk lokal atau brand lokal dengan website punya sendiri agar terus bersemangat dalam menjual produknya karena dengan begitu semua lahan dan peluang usaha di negeri sendiri bisa kita manfaatkan sebaik baiknya. 

Dengan kita telah menguasai data dan keinginan pelanggan menjadi aset terbesar di kemudian hari. Dengan kita bisa mengakses data informasi penting tersebut berarti kita akan menguasai segalanya dan kita bisa memenangkan dalam persaingan usaha. Amin. 

 #dari berbagai sumber


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu