Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Jumat, 05 Januari 2018

Cara membuat produk kerajinan jaman dulu


Cara membuat produk kerajinan jaman dulu
Pada jaman dulu orang melakukan berbagai aktivitas tidak lepas dengan namanya peralatan pertanian dan perkebunan. Hal ini di karenakan mayoritas penduduk Indonesia adalah negara agraris yang sumber penghidupan berasal dari hasil alam. Bahkan sampai sekarang juga penduduk di daerah pedalaman tidak jauh dengan alat alat tersebut, terutama golok, pisau, cangkul, sabit (arit) dan senjata tajam lainnya. 

Kadang sepulang dari kebun atau sawah waktu luang mereka sering di gunakan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat seperti berbagai produk kerajinan tangan. Produk tersebut di gunakan untuk keperluan mereka sendiri. 

Berikut beberapa produk kerajinan yang sering mereka buat, 
  • Produk perlengkapan rumah tangga 
  • Peralatan dapur 
  • Alat pertanian dan perkebunan 
  • Mainan tradisional 
  • Perlengkapan yang bisa di pakai untuk diri sendiri 
  • Hiasan rumah 
 Dan lain sebagainya 

Produk produk kerajinan yang di buat umumnya menggunakan bahan bahan dari alam yang ada di sekitar dan mudah di dapatkan.

Berikut kesederhanaan proses dan teknik pembuatan produk kerajinan jaman dulu 

Proses produksi 
Dengan keterampilan yang di peroleh secara otodidak atau di ajarkan oleh orang orang tua terdahulu. Dengan melihat cara pembuatan orang orang yang sudah terampil kemudian mereka belajar tahap demi tahap detail pembuatannya sampai mereka mahir dan bisa dengan sendirinya. Begitu seterusnya keahlian mereka di wariskan secara turun temurun sampai sekarang. 

Peralatan manual sederhana 
Berbagai peralatan umumnya menggunakan alat alat sederhana yang semuanya menggunakan gerak dan kekuatan tangan, semua tidak ada alat modern seperti sekarang. Seperti pembuatan produk kerajinan bambu atau ukiran kayu alat utama yang di gunakan hanya pisau raut dan golok. 

Proses pengeringan
Agar sebuah produk kerajinan awet dan tahan lama bahan yang akan di gunakan terlebih dulu di keringkan. Kalau sekarang untuk mengeringkan menggunakan berbagai macam peralatan modern seperti oven maka dulu cukup di jemur di bawah terik matahari. Walaupun memerlukan waktu yang sangat lama proses tersebut tetap di lakukan. Selain di jemur proses pengeringan lainnya yaitu di simpan di atas perapian (tungku dapur). 

Proses pewarnaan 
Kalau sekarang untuk pewarnaan menggunakan berbagai macam cat dengan berbagai macam warna, dulu menggunakan bahan bahan dari alam yang lebih alami yaitu dari tumbuh tumbuhan. 

Pengikat dari bahan alami 
Sebuah teknik pembuatan produk kerajinan jaman dulu yang sangat unik yaitu untuk memperkuat sebuah produk. Sebagai pengganti paku maka di gunakan bambu atau kayu, fungsinya hampir sama dengan paku tapi sebelumnya di lubangi dulu kemudian bambu atau kayu berukuran kecil yang hampir sama dengan paku di masukan pada lubang tersebut. 

Sehingga produk kerajinan tersebut awet dan tahan lama dengan teknik tersebut kekuatan dan keawetan produk sudah terjamin dan terbukti, sehingga dalam jangka waktu yang lama tidak di makan karat. 

Selain itu ada juga cara untuk pengikat agar kuat, dulu menggunakan tali berasal dari tumbuh tumbuhan seperti, bambu, akar atau rotan bahkan ijuk mungkin sekarang menggunakan kawat atau tali plastik. 

Begitulah keunikan teknik dan cara pembuatan produk kerajinan pada jaman dulu yang penuh kesederhanaan. Tapi hal itu tidak mengurangi nilai manfaat dan kualitas produk. Kalau di bandingkan dengan sekarang untuk membuat sebuah produk bisa menggunakan peralatan dan bahan modern yang lebih praktis dan hasilnya akan lebih bagus dan cepat.



-->
Posting Komentar