Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Kamis, 21 Desember 2017

Perbedaan payung tradisional dan payung modern


Payung tradisional dan payung modern
Payung tradisional 
Manusia sudah mengenal payung sudah sangat lama bahkan sudah ratusan tahun yang lalu. Seiring perkembangan jaman payung sudah mengalami banyak perubahan, baik dari segi bentuk, ukuran serta bahan yang di buat. Payung sangatlah penting sebagai benda yang di butuhkan manusia terutama jika cuaca kurang bersahabat.

Perkembangan jenis payung terus mengalami banyak perubahan terutama dari jenis ukuran, sekarang ada jenis payung ukuran raksasa atau ukuran besar. Jenis payung ini bisa melindungi banyak orang bahkan belasan orang bisa terlindungi.

Dulu payung di buat menggunakan bahan bahan dari alam seperti dari kayu dan bambu bahkan penutupnya dari daun. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan sekarang bahan payung terbuat dari bahan sintetis seperti plastik dan logam.

Perbedaan payung tradisional dan payung modern
Pada jaman dulu payung merupakan benda yang langka dan unik bahkan bisa di bilang benda langka, baik payung tradisional maupun payung modern. Bahkan orang orang jaman dulu di pedesaan atau daerah pinggiran ketika hujan mereka menggunakan daun pisang atau daun talas ukuran besar untuk melindungi badannya agar tidak basah. Namun sekarang hal itu sudah jarang di temukan lagi meskipun daerah pedesaan karena sudah adanya payung.

Sebenarnya payung tradisional manusia jaman dulu bukanlah payung sebuah kerajinan seperti payung geulis, tapi payung dari daun pisang atau daun talas ukuran besar atau daun daun yang lainnya yang besar yang bisa melindungi badan dari basahnya air hujan.

Dulu orang ketika panas atau hujan menggunakan payung tradisional yaitu payung produk kerajinan tangan tapi sekarang tidak lagi dan sudah menggunakan payung modern yaitu payung modern buatan pabrik. Ada banyak alasan kenapa sekarang orang suka menggunakan payung buatan pabrik dan tidak menggunakan payung tradisional.

Beberapa perbedaan payung tradisional dan payung modern buatan pabrik,

Bentuk
Karena sudah menjadi karakter manusia selalu ingin menggunakan yang simpel dan mudah serta ringan. Itulah yang menjadi alasan kenapa payung tradisional kurang di minati, bentuk dan ukurannya yang besar dan tidak simpel. Umumnya payung modern sekarang bisa di bawa kemana mana dan bisa masuk ke dalam tas. Jadi di bawa ke mana pun bisa.

Bahan
Bahan untuk membuat payung modern terbuat dari bahan bahan sintetik yang ringan dan halus sehingga bisa di buat berukuran kecil. Berbeda dengan payung tradisional yang terbuat dari bahan kayu dan bambu sehingga tidak bisa di buat dalam ukuran sangat kecil. Sehingga payung pun di buat berukuran besar.

Proses dan cara pembuatan
Karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi payung modern buatan pabrik proses dan cara pembuatannya lebih mudah dan cepat. Kapasitas produksi payung pun bisa lebih banyak. Berbeda dengan payung tradisional yang merupakan produk kerajinan tangan yang dalam pembuatannya memerlukan waktu yang lama, sehingga produk yang di hasilkan tidak terlalu banyak.

Fungsi dan kegunaan
Sangatlah berbeda untuk payung tradisional umumnya di gunakan untuk hiasan dekorasi atau keperluan acara yang berhubungan dengan seni. Payung modern di gunakan ketika hujan dan panas saja. Tapi hal tersebut tidak menjadi acuan atau aturan baku bisa saja payung tradisional di gunakan untuk melindungi terik panas matahari atau payung modern di gunakan untuk hiasan dekorasi.

Ketahanan dan keawetan
Kalau di gunakan dalam batas kewajaran kedua jenis payung tersebut punya ketahanan yang sama. Tapi pada umumnya yang mudah rusak adalah payung modern buatan pabrik, karena bahan yang di gunakan sangat kecil dan tipis sehingga mudah rusak, patah, lepas atau copot. Untuk payung tradisional sangatlah awet karena penggunaannya tidak sesering payung modern hanya sewaktu waktu saja. Dan bahan yang di gunakan berukuran agak besar sehingga punya ketahanan yang baik.

Harga
Tergantung jenis payungnya artinya jika payung yang bagus pasti harganya mahal begitu juga sebaliknya. Tapi secara umum payung tradisional bisa lebih mahal, karena payung tradisional merupakan produk kerajinan tangan dan bisa di sebut sebagai sebuah karya seni yang sangat unik dan menarik.

Dari beberapa perbedaan di atas sangatlah jelas payung tradisional merupakan produk kerajinan tangan sebagai produk seni dan payung modern buatan pabrik merupakan sebuah benda sebagai alat untuk keperluan manusia sehari hari untuk melindungi dari cuaca yang kurang bersahabat.

Posting Komentar