Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Sabtu, 02 Desember 2017

Alasan kenapa produk kerajinan kurang di minati


Seorang pembuat produk akan sangat senang dan bangga jika hasil pekerjaannya bisa di beli serta di gunakan oleh banyak orang, akan tetapi kenapa masih ada saja produk kerajinan yang kurang di minati. Mungkin karena berbagai alasan mengapa konsumen tidak berminat akan produk tersebut. 

Mencari peminat akan berbagai produk kerajinan memang sangat susah apalagi pada produk produk kerajinan tradisional, mungkin tidak semua orang suka serta berminat dan hanya sebagian orang saja. Apalagi jika harga produknya sangat mahal. Harga sebuah produk kerajinan tidak bisa di lihat dari aspek bahan yang di buat tapi harus di lihat dari latar belakang nilai histori, serta proses produk itu di buat bahkan dari nilai keunikannya. 

Tapi ada saja orang orang yang suka dan cinta pada sebuah produk kerajinan tertentu bahkan karena kesukaannya berapa pun harga yang di berikan pasti dia akan beli, meskipun bagi orang orang yang tidak suka atau orang biasa tidak begitu menarik untuk apa beli produk dengan harga tersebut. Itulah yang namanya nilai keunikan produk seni atau produk kerajinan tangan. 

Tetapi sekarang pertanyaannya kenapa produk kerajinan yang kurang di minati pembeli
Ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi, 

Model produk tidak menarik lagi 
Sebelum seorang calon pembeli menentukan pilihan maka aspek tampilan yang menarik serta keunikan bisa mempengaruhinya. Jika tampilan kurang menarik otomatis pembeli juga tidak tertarik untuk membeli produk tersebut.  

Harga yang mahal 
Selain ketertarikan alasan lain pembeli menentukan pilihan yaitu harga, mahalnya harga sang pembeli akan berfikir ulang untuk membeli sebuah produk. Bahkan ada sebagian harga produk kerajinan yang harganya sangat mahal bahkan di luar batas kewajaran apalagi orang kelas menengah ke bawah atau orang yang tidak suka dan tidak tahu nilai seni. 

Produk sudah tidak asli lagi 
Dengan alasan untuk mencari keuntungan yang lebih besar atau di buat dengan mengikuti perkembangan jaman, lantas di buatlah produk yang berbeda dengan aslinya baik dari segi model atau bahan. Bagi orang yang suka keunikan sebuah produk kerajinan maka tidak akan membelinya meskipun harganya murah. 

Produk sulit di dapatkan 
Meskipun produk tersebut sangat di sukai tetapi kalau untuk mendapatkannya sangat sulit dan jaraknya cukup jauh maka calon pembeli pun akan malas untuk mencari dan membelinya. 

Adanya produk pesaing yang lebih bagus dan menarik Akibat adanya persaingan yang cukup ketat maka produk yang kurang bagus otomatis tidak akan di minati lagi, hanya produk produk yang bagus saja yang di sukai pembeli. Dengan persaingan maka konsumen bebas memilih produk mana yang dia pilih dan dia sukai bahkan produk kerajinan impor pun bisa menjadi pilihan. 

Kualitas produk kurang bagus 
Akibat sang pembuat produk (pengrajin) dalam membuat produknya tidak bagus atau asal asalan maka hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan sang pembeli. Karena produk yang jelek tidak akan di sukai dan di beli. Bahkan jika terlanjur di belinya konsumen akan kecewa dan suatu saat nanti tidak akan membelinya lagi. 

Beberapa hal yang menyebabkan produk kurang bagus diantaranya, 
- Bahan baku kurang bagus 
- Ketahanan dan keawetannya tidak terjamin 
- Kerapihan pengerjaannya kurang bagus atau asal asalan 

Sifat alami manusia selalu ingin yang terbaik, termudah dan termurah begitu juga dalam membeli sebuah produk baik produk kerajinan tangan atau produk lainnya. Tetapi ada juga anggapan meskipun harganya mahal kalau kualitas bagus tidak masalah. 

Jadi pada intinya produk yang bagus dan unik asli Indonesia tetap akan di cintai dan tidak akan tinggal pembeli dan tetap akan di cari sampai kapan pun.


-->
Posting Komentar