Agar industri kerajinan maju dan berkembang


Agar industri kerajinan maju dan berkembang
Para pembuat produk kerajinan atau biasa di sebut pengrajin adalah orang orang kreatif yang harus kita dukung dan dorong agar mereka bisa berkarya lebih besar lagi.

Para pengrajin umumnya adalah orang yang sangat terbatas akan sumber daya sehingga kemampuan untuk bisa berkembang lebih maju sangatlah sulit. Ukuran usaha mereka juga sangat kecil dan sederhana tapi ide dan kreatifitas mereka sangatlah besar.

Bagaimana caranya agar industri produk kerajinan Indonesia bisa maju dan berkembang 

Keberadaan mereka harusnya kita hargai dan perlu di lestarikan agar mereka tidak punah di telan arus modernisasi dan jaman. Tapi sekarang dengan majunya dunia informasi dengan perkembangan dunia internet marketing keberadaan mereka bisa lebih maju lagi asalkan ada pihak pihak yang mau ikut campur dengan membantu mereka.

Tapi orang orang yang mau membantu mereka adalah orang orang yang tulus dan tidak mencari keuntungan sesaat. Dengan menggunakan produk mereka berarti kita telah ikut andil membantu mengembangkan potensi mereka.

Sebenarnya adalah tugas kita bersama termasuk pemerintah dan dinas terkait untuk membantu kegiatan usaha mereka. Tapi selalu saja ada orang orang yang mengeksploitasi mereka dengan berbagai macam modus proyek proyek bantuan, sebenarnya oknum tersebut mengambil keuntungan yang besar juga dengan mengatasnamakan membantu para pelaku ekonomi kecil atau pengrajin kecil.

Sebenarnya sudah menjadi kewajiban dan tugas mereka dan mereka sudah di bayar oleh negara dengan gaji bulanan mereka. Tapi dengan modus membantu mereka, mereka (oknum) juga ambil keuntungan atas usaha mereka. Jadi bagaimana para pelaku usaha produk kerajinan bisa maju dan berkembang,

Kadang jika si oknum membawa seorang atau kelompok calon pengunjung atau pembeli ke tempat usaha mereka jika terjadi transaksi mereka juga meminta bagian sebagai komisi. Jadi untuk mengambil keuntungan pun sudah di potong dengan biaya untuk si anu lah dan untuk si itulah.

Tapi kalau dalam batas yang wajar tak apa apalah itu sudah sifat manusiawi dalam bidang bisnis usaha namun jika sudah berlebihan atau di luar batas kewajaran itu sangat keterlaluan. Belum lagi di bidang proyek bantuan dan pelatihan oknum oknum tersebut juga bisa bermain. Itulah contoh yang sangat tidak kita harapkan bagi para pelaku usaha produk kerajinan, mudah mudahan hal itu tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Pembinaan
Pada umumnya para pengrajin adalah orang orang yang pendidikan dan ekonominya menengah ke bawah, mereka perlu bantuan, bimbingan dan arahan dalam setiap langkah usahanya.

Di ibaratkan orang tua yang selalu harus membimbing anaknya dalam perjalanan hidupnya. Itulah yang mereka harapkan dari pemerintah khususnya Dinas instansi terkait.

Pembinaan terhadap para pengrajin di daerah terutama kepada sumber daya manusia pengrajin agar tetap terus berkarya dan bisa fokus atas usaha dan upaya mereka tetap berkelanjutan. Dan juga membantu proses regenerasi para pengrajin serta tumbuhnya perajin perajin baru yang lebih kreatif dan inovatif meskipun dalam bidang usaha sejenis.

Jangan sampai pembinaan hanya terkait momen momen tertentu saja atau ada perintah atasan atau pembinaan tidak ada kontribusi dan menguntungkan secara pribadi.

Tapi pembinaan secara bertanggung jawab dan terus menerus, sampai pada akhirnya para pelaku pembuat produk kerajinan (pengrajin) bisa meningkat baik dari segi usahanya maupun taraf kesejahteraannya.

Mentor usaha
Pendampingan usaha terhadap mereka sangat di perlukan agar setiap langkah dan gerak usaha mereka bisa di kontrol dan ada pada jalur yang benar, tapi bukan berarti ikut campur dan mengatur secara detail usaha mereka.

Tapi pada kenyataannya mental dan sifat mereka tidak sama beda orang beda juga karakternya. Perlu di fahami, mereka kebanyakan orang orang yang tertutup yang tidak bisa menerima ide atau gagasan baru yang datang dari luar. Perlu pendekatan secara intensif dan perlu waktu yang lama agar mereka mengerti.

Mencarikan solusi permasalahan dan kendala usaha mereka selama ini agar lebih maju dan bisa bersaing dengan produk kerajinan lain. Diantaranya dengan membantu,
  - Pengadaan bahan baku yang mudah, murah dan bagus
  - Meningkatkan keterampilan dan kualitas produk 
  -  Permodalan yang mudah, ringan cicilan dan tanpa anggunan
  -  Meningkatkan kapasitas produksi
 -  Meningkatkan kualitas produk agar bisa di sukai konsumen

Pemasaran 
Dalam memasarkan produk yaitu mencari alternatif lain lahan pemasaran dan penjualan produknya. Misalnya pengrajin di perkenalkan pada bidang teknologi ilmu digital dan pemasaran lewat internet marketing agar tidak kalah dengan produk dari luar.

Persoalannya kembali kepada kita sendiri yang mau membantu dan mendukung produk dan usaha mereka. Dan juga para pengrajin sendiri apakah mereka ingin maju atau tidak.


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu