Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Kamis, 30 November 2017

Modal usaha seorang pengrajin


Pengrajin adalah sebuah profesi pekerjaan yang sangat mulia dan bisa di banggakan karena dengan produk yang mereka hasilkan kita bisa melihat dan menikmati hasil karyanya. Bahkan sebagian produk kerajinan terdahulu dan langka saat ini sudah mulai punah. Dengan adanya seorang pengrajin produk kerajinan yang langka tersebut masih kita jumpai dan masih kita gunakan sampai saat ini. 

Pekerjaan seorang pengrajin sekarang kurang di minati bahkan profesi tersebut bisa di anggap sebelah mata. Hal tersebut mungkin bisa terjadi karena menekuni sebagai seorang pengrajin kurang begitu menjanjikan dari segi ekonomi jika di bandingkan dengan profesi lain. Misalnya dengan pekerjaan lain seperti buruh bangunan atau buruh tukang lainnya. 

Tapi sepertinya mereka tetap setia dengan profesinya meskipun pendapatan nya biasa saja, cukup untuk kebutuhan hidup sehari hari saja. Bahkan yang paling utama di benak hati mereka adalah sebuah pilihan profesi yang enak ringan tanpa beban dan menyukai pekerjaannya. Mereka anggap tidak begitu rendah atau hina di mata orang lain di bandingkan dengan cara meminta belas kasih orang lain. 

Modal usaha untuk membuat produk produk kerajinan sepertinya tidak terlalu besar, hanya seperangkat alat alat serta tekad dan keinginan besar. Bahkan peralatan sederhana yang ada di rumah yang sering kita jumpai bisa di jadikan sebagai modal peralatan. 

Seperti pengrajin produk kerajinan bambu hanya menggunakan alat pisau, golok dan sejenisnya. 

Pengrajin produk kerajinan ukiran menggunakan alat palu kayu, pisau dan satu set pahat atau tatah 

Pengrajin produk kerajinan tas atau dompet hanya menggunakan mesin jahit sederhana, gunting dan alat pendukung lainnya. Untuk bahan bisa menggunakan bahan apa saja, bahan bahan sisa (limbah) pun bisa. Seperti limbah bekas kemasan plastik atau kain sisa. 

Pengrajin sandal pun peralatannya juga sederhana apalagi jika pembuatan produk sandal menggunakan bahan limbah juga, seperti karet bekas ban kendaraan atau sandal dari kayu. 

Pembuat produk pakaian pun menggunakan peralatan sederhana juga, semua tidak memerlukan banyak modal. 

Untuk bahan tidak terlalu sulit dan mahal karena bisa gunakan bahan apa saja yang ada di sekitar kita. 

Untuk tenaga tidak memerlukan kekuatan fisik yang besar. Namun daya kreatifitaslah yang paling utama sehingga tercipta sebuah produk yang unik, bagus dan berkualitas. Untuk modal keuangan pun tidak mencapai puluhan juta bahkan dengan modal usaha puluhan atau ratusan ribu bidang usaha ini bisa tetap berjalan dan menghasilkan sebuah produk. 

Berikut beberapa perkiraan modal utama usaha seorang pengrajin 

Peralatan 
Hal ini tergantung jenis produk apa yang ingin di buat, pada umumnya peralatan yang di gunakan adalah peralatan sederhana yang murah dan mudah di dapat bahkan dari peralatan sehari hari yang banyak kita jumpai. 

Bahan baku 
Umumnya produk kerajinan berasal dari bahan bahan alam atau bahan yang ada di sekitar dan tidak asing lagi serta yang mendapatkan sangatlah mudah serta harganya pun tidak terlalu mahal. Bisa juga menggunakan bahan bahan limbah yang masih bisa di buat menjadi sebuah produk kerajinan. 

Ide dan kreatifitas 
Sepertinya modal inilah yang sangat utama serta sangat sulit karena hal tersebut bisa menentukan produk produk kerajinan yang unik, bagus dan menarik. Kadang dari dari sebuah ide sederhana saja bisa tercipta sebuah karya yang bagus. 

Ilmu dan keterampilan 
Bisa di sebut dengan pengalaman karena dengan ilmu dan keahlian yang sudah di miliki tidak akan sulit lagi dalam membuat produk kerajinan. Namun untuk mendapatkan keterampilan perlu waktu yang cukup lama bahkan pengorbanan yang besar untuk belajar. 

Pemasaran 
Sepertinya pemasaran sekarang tidak begitu sulit asalkan produk yang di buatnya sangat unik, bagus dan berkualitas. Terutama di jaman sekarang dengan gencarnya perkembangan dunia internet khususnya dalam memasarkan produk ( internet marketing ). Tidak seperti dulu yang sangat susah, hanya di pasarkan ke toko atau pasar tradisional bahkan menunggu pembeli yang datang ke tempat kita. 

Semua modal dan usaha seorang pengrajin untuk bisa lebih maju dan berkembang sepertinya tidak terlalu sulit jika pelaku usaha tersebut mau bekerja keras dan fokus menekuni bidang usaha tersebut. Terutama jika di dukung dengan sumber daya yang dia miliki dan inovasi (ide) baru dalam membuat produk yang lebih praktis dan cepat untuk bisa bersaing dengan produk yang lain. 

Tidak kalah pentingnya seorang pengrajin atau pelaku usaha pada jaman sekarang harus ada seorang pendamping atau mentor agar seorang pengrajin bisa berjalan sesuai arah dan harapan yang di inginkan.


-->
Posting Komentar