Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Senin, 31 Juli 2017

Cat pewarna untuk produk kerajinan kayu dan bambu


Cat pewarna untuk produk kerajinan kayu dan bambu
Pengecatan gagang payung geulis
Agar sebuah produk kerajinan bagus dan menarik maka pembuat produk (perajin) akan melakukan pewarnaan (finishing). Ada berbagai macam cat pewarna yang biasa di gunakan, dari cat pewarna yang sudah jadi sampai cat pewarna buatan sendiri. Para perajin pembuat produk kerajinan dari bambu atau kayu umumnya menggunakan cat pewarna buatan sendiri. Artinya mengolah serta mencampur bahan bahannya sebelum di gunakan, hal ini agar bisa membuat berbagai macam varian warna yang di inginkan serta bisa menghemat biaya. Tapi ada juga yang menggunakan cat pewarna yang sudah jadi yang tidak perlu pengolahan lagi tinggal langsung pakai. 

Pewarnaan untuk produk kerajinan umumnya berwarna alami dan natural, warna transparan dan warna kayu selalu menjadi pilihan, tapi itu tergantung pilihan dan keinginan. Penggunaan pewarna untuk produk kerajinan sebaiknya menggunakan bahan cat pewarna yang tidak berbahaya bagi penggunanya serta ramah lingkungan. Terutama untuk produk yang berhubungan atau berdekatan dengan produk makanan atau anak anak, hal ini agar lapisan cat tidak mengkontaminasi pada makanan atau pengguna ketika di gunakan. 

Sekarang sudah banyak produk cat pewarna yang aman serta ramah lingkungan yang di produksi oleh perusahaan cat ternama. Meskipun harganya cukup mahal tapi penggunaannya praktis dan mudah. Bahan pengencer yang umumnya di gunakan adalah cairan thinner atau terpentin sekarang sudah ada yang menggunakan cairan pengencernya air, hal ini bisa menekan biaya yang lebih hemat dan aman pula.  

Teknik pengecatan 
Cara pengecatan ada yang menggunakan kuas secara manual dan ada juga yang menggunakan (sprayer) semprotan angin, keduanya akan mempengaruhi hasil pengecatan. Untuk hasil yang bagus dan berkualitas tentu cara pengecatan dengan sprayer yang harus di pilih. Ada juga cara pengecatan atau pewarnaan dengan cara di celupkan, tapi cara ini memerlukan bahan cat yang sangat banyak. Semua teknik di atas memiliki kelebihan serta kekurangan masing masing. 

Cat pewarna sudah jadi 
Artinya cat pewarna yang sudah bisa langsung di gunakan dan umumnya di buat dalam kemasan oleh produsen cat, cat jenis ini lebih mudah dan praktis dan tinggal langsung pakai. Bila terlalu kental tinggal menambahkan pengencernya sesuai anjuran pembuat produk, ada yang menggunakan cairan thinner, bensin, minyak tanah, terpentin atau air. 

Pada produk dan merk tertentu ada beberapa proses dan tahapan yang harus di ikuti sesuai arahan dan petunjuk produsen cat tersebut, seperti untuk cat dasar, cat pokok (utama) serta cat pelindung. Jadi proses pengecatan menggunakan lebih dari satu produk. Hal ini agar hasil pengecatan atau pewarnaan lebih bagus dan memuaskan. Tapi ada juga yang menggunakan satu produk saja, tentu hasilnya akan berbeda dengan yang menggunakan beberapa produk sesuai petunjuk penggunaan. 

Cat yang sudah jadi untuk produk kerajinan dari kayu dan bambu umumnya banyak menggunakan cat vernis, melamik atau sejenisnya. Untuk kayu biasanya banyak pilihan warna tapi kalau untuk bambu umumnya menggunakan warna warna yang agak transparan. 

Cat pewarna yang sudah jadi harganya cukup mahal di bandingkan dengan cat buatan sendiri, jika ingin lebih dari dua warna tentu harus beli lagi. Dan bila cat yang di butuhkan sedikit tetap harus beli perkemasan atau satu kaleng. 

Cat pewarna buatan sendiri 
Cat pewarna buatan sendiri artinya mengolah serta mencampur bahan bahan yang sudah ada. Sebenarnya cat jenis ini di buat oleh produsen cat juga hanya kita sendiri yang mengolah dan mencampur sesuai keinginan, serta menentukan warna yang di inginkan. Dan yang paling banyak di gunakan pada produk kerajinan, terutama untuk menekan biaya yang mahal dan bisa di buat berbagai macam warna. Proses pencampuran bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, meskipun untuk keperluan sedikit. 

Cat pewarnaan buatan sendiri yang paling banyak digunakan pada kayu dan bambu adalah sirlak (politur) buatan sendiri. Karena bahannya sangat sederhana dan mudah di buat juga bahan bahannya mudah di dapatkan serta pembuatan berbagai macam warna pun bisa ciptakan. Dengan mencampurkan cairan spirtus dan emping sirlak secukupnya serta jika menginginkan warna tertentu ada pewarna khusus terpisah. Istilah mereka menyebutnya oker, di toko toko besi banyak di jual. Sebenarnya masih banyak lagi cat untuk pewarnaan buatan lainnya untuk berbagai produk kerajinan dari kayu dan bambu yang biasa para pengrajin buat. 

Teknik pengecatan atau pewarnaan 
Proses dan tahapan pengecatan yang baik dan benar tidak sembarangan ada tekniknya, tempat serta cuaca yang mendukung perlu di perhatikan artinya pengecatan tidak dalam keadaan suhu lembab atau hujan dan harus dalam keadaan hangat atau cuaca panas tapi tidak kena panas sinar matahari langsung. Berikut beberapa proses dan tahapannya, 
- Menambal bagian yang tidak rata atau berlubang dengan cara di dempul (khusus kayu) 
- Amplas bagian permukaan yang kasar dan tidak halus - Cat dasar bila di perlukan 
- Amplas kembali dengan amplas halus 
- Cat utama sesuai keinginan 
- Amplas kembali dengan amplas yang sangat halus jika di perlukan 
- Ulangi kembali cat pokok (utama) sampai beberapa kali sampai hasil pengecatan sesuai harapan dan keinginan 
- Cat pelindung jika di perlukan, umumnya menggunakan cat transfaran atau vernis. 
Hal ini untuk menjaga agar cat bisa awet dan tahan lama dan terlindung dari benturan keras benda lain. 

Untuk cat pewarnaan yang bagus bukan di tentukan oleh cat pewarna yang sudah jadi atau buatan sendiri. Tapi cara, teknik dan tahapan tahapan yang di lakukan ketika dalam proses pengecatan. Jadi percuma jika cat yang di gunakan cat bagus dan mahal tapi proses dan cara pengecatan tidak di lakukan dengan baik dan benar atau asal asalan sehingga hasilnya tidak sesuai harapan. 

Tapi bisa juga cat pewarna yang di gunakan adalah cat buatan sendiri yang sederhana tapi cara dan proses pengerjaan di lakukan dengan baik dan benar pasti hasilnya juga tentu bagus. Semua tergantung keahlian serta pengalaman orang yang melakukan pengecatan.
Posting Komentar