Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Selasa, 11 Juli 2017

Berbagai macam bentuk dan fungsi payung


Berbagai macam bentuk dan fungsi payung
Payung hias untuk dekorasi 
Payung adalah sebuah alat bantu bagi manusia yang berfungsi sebagai pelindung dari pengaruh lingkungan yang kurang bersahabat, baik cuaca panas dan hujan atau lainnya. Jadi utamanya adalah sebagai upaya untuk melindungi sesuatu hal yang lebih penting agar tidak terpengaruh dari hal yang tidak di inginkan. Terutama kepala dan anggota badan penting, jika terkena air hujan atau terik panas sinar matahari akan terkena hal buruk. Sehingga tubuh tidak sakit atau kulit menjadi hitam jika terkena panas matahari. 

Dengan berjalanannya waktu sebuah payung mengalami perkembangan dengan penemuan berbagai inovasi baru. Baik dari segi bentuk, ukuran, bahan yang di gunakan serta fungsinya. Dari cara pembuatannya payung di klasifikasikan menjadi dua, yaitu payung modern buatan pabrik dan payung tradisional buatan tangan atau hasil kerajinan tangan. Payung modern buatan pabrik harganya tidak terlalu mahal dan untuk payung tradisional agak mahal karena merupakan sebuah produk kerajinan tangan. Payung tradisional sudah lama ada sejak jaman dulu sebelum payung modern ada. 

Status sosial di masyarakat 
Payung sudah lama ada bahkan merupakan bagian dari sejarah manusia, penggunaannya ketika itu bisa mencerminkan status dan kedudukan seseorang. Pada acara dan momen tertentu bisa kita lihat hanya orang tertentu yang secara khusus di payungi ketika ada di ruangan terbuka. Jika ada sebuah kegiatan acara perayaan besar di luar ruangan yang melibatkan banyak orang terjadi hujan atau cuaca panas, maka pemimpin atau seorang tokoh tamu penting akan di lindungi oleh sebuah payung oleh panitia serta pendampingnya agar tidak kepanasan atau kehujanan. 

Penghormatan dan penghargaan 
Payung di gunakan sebagai upaya untuk penghormatan serta menghargai kepada seseorang. Seorang raja atau pemimpin ketika ada di ruangan terbuka sebagai upaya penghormatan selalu di lindungi sebuah payung terutama jika cuaca kurang bersahabat. Dalam sebuah acara pernikahan sepasang pengantin di payungi seperti seorang raja dan ratu, juga dalam mengantar jenazah selalu mengunakan juga sebagai pelindung meskipun tidak terjadi hujan atau panas. 

Selain untuk hal tersebut di atas dalam perkembangannya sebuah payung mempunyai fungsi yang lain sesuai kebutuhan dan keinginan penggunanya. Berikut diantaranya, 

Pelindung panas dan hujan 
Ini merupakan fungsi utama sebuah payung ketika di ciptakan. Sekarang bentuk dan ukuran banyak mengalami perubahan, ada payung yang biasa kita jumpai sehari hari. Berukuran kecil ada juga payung berukuran besar yang di pasang permanen di tempat tertentu yang bisa melindungi beberapa orang. Seperti payung tenda di cafe untuk tempat makan ada juga payung raksasa berukuran sangat besar seperti di masjid Nabawi di kota Madinah Arab Saudi. 

Hiasan dekorasi Dalam sebuah acara pernikahan (wedding) atau perhelatan (event) berskala kecil atau besar, payung banyak di gunakan sebagai hiasan atau dekorasi agar suasana tempat menjadi bagus dan menarik, baik untuk acara di luar ruangan (outlet door) atau di dalam ruangan (in door). Bentuk serta ukurannya pun bermacam macam, ada yang berupa payung tradisional atau payung modern. 

Ada juga payung tradisional di gunakan sebagai hiasan di tempat tertentu, seperti di pasang di depan pintu masuk atau di sudut ruangan sehingga terkesan unik dan kelihatan tradisional. 

Seni Fotografi 
Untuk pengaturan cahaya dalam bidang fotografi seorang fotografer menggunakan payung sebagai alat bantu. Hal ini untuk menghasilkan sebuah hasil foto yang bagus. 

Properti foto model 
Seorang model foto untuk menambah kesan yang bagus dan menarik pada hasil fotonya. Payung juga banyak di gunakan, terutama untuk foto fre wedding atau lainnya sesuai tema yang di buat baik modern atau tradisional atau yang lainnya. 

Seni pertunjukan 
Dalam sebuah pementasan acara pertunjukan baik pada acara panggung atau acara non panggung, sebagai alat bantu (properti) pertunjukan payung juga di gunakan juga. Dalam seni pertunjukan modern atau seni pertunjukan tradisional seperti misalnya dalam pertunjukan tari, drama atau yang lainnya. 

Payung tradisional seperti payung geulis biasanya di gunakan dalam acara seni tradisi seperti tarian tradisional atau seni budaya tradisional lainnya. 

Dengan di temukan berbagai inovasi baru, perkembangan sebuah payung telah mengalami perubahan bahkan mungkin suatu saat nanti akan di temukan beragam payung bentuk bentuk baru yang belum ada saat ini. Ada berbagai macam bentuk keunikan payung saat ini, seperti topi bentuk payung, payung terbalik, payung bentuk hati (love), payung bentuk bunga atau daun, payung kecil bahkan payung ukuran sangat besar.
-->
Posting Komentar