Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Selasa, 23 Mei 2017

Peralatan untuk membuat kerajinan bambu


Produk kerajinan bambu adalah salah satu kerajinan tangan tradisional dan banyak di gunakan dalam aktivitas sehari hari. Namun sekarang penggunaannya mulai berkurang terutama di kota kota besar, tapi di daerah pedesaan dan pinggiran sebagian masih di pakai. 

Hal ini di karenakan oleh kemajuan jaman yang telah berubah dan banyaknya produk produk modern. Proses pembuatan produk kerajinan bambu umumnya di buat sederhana dan manual yang pengerjaannya menggunakan keterampilan tangan pengrajin. 

Produk kerajinan yang mereka buat umumnya berbagai peralatan dapur dan rumah tangga serta tempat penyimpanan dan berbagai macam hiasan dari bambu.

Ada berbagai macam peralatan yang di gunakan dalam membuat berbagai produk kerajinan dari bambu. Semua peralatan merupakan alat alat pertukangan tradisional. Dan bagi sebagian besar orang pedesaan pasti mempunyai alat alat tersebut. Karena bagi mereka peralatan tersebut merupakan bagian dari kehidupan sehari hari, mereka yang umumnya di gunakan untuk aktivitas ke ladang atau ke kebun.

Berikut adalah peralatan yang di gunakan untuk membuat produk kerajinan dari bambu,

Gergaji
Gergaji merupakan alat yang banyak di gunakan untuk berbagai keperluan pertukangan berfungsi untuk memotong bambu ketika akan di jadikan bahan bahan.

Parang/golok
Sama seperti gergaji, parang atau golok juga banyak kegunaannya terutama untuk membelah serta memotong bambu menjadi bentuk ukuran kecil

Pisau raut
Bentuknya kecil ukurannya seperti pisau dapur hanya bentuknya seperti bulan sabit berfungsi untuk membelah dan memperhalus permukaan bambu sehingga menjadi halus dan bagus.

Kuas
Untuk memoleskan lem perekat atau cat vernis pewarna untuk bambu

Tang atau gegep
Untuk menjepit bambu atau mencabut paku ketika di perlukan

Amplas
Untuk menghaluskan permukaan bambu

Pahat atau tatah
Untuk membuat lubang pada permukaan bambu atau memotong bambu

Batu Asahan atau gerinda
Untuk mengasah barbagai macam peralatan seperti pisau, golok, pahat dan sebagainya

Bor tangan
Untuk melubangi bambu

Palu
Untuk memukul bambu atau paku ketika pemasangan komponen atau bagian

Kapak
Untuk memotong atau membelah bambu berukuran besar fungsinya hampir sama dengan golok.

Semua peralatan tersebut sering di gunakan dalam proses pembuatan produk kerajinan dari bambu, semua merupakan peralatan pertukangan sederhana dan banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Untuk para pembuat produk kerajinan dari kayu (pertukangan ) alat seperti itu tidak asing lagi karena merupakan alat bantunya.


Posting Komentar