Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Jumat, 16 Desember 2016

Bahan kerajinan alternatif yang murah dan mudah


Produk kerajinan dari kayu
Produk kerajinan dari bahan kayu
Untuk mendapatkan keuntungan yang besar terutama produk kerajinan, penggunaan bahan baku alternatif yang sangat murah dan mudah akan jadi pilihan. Ada banyak bahan bahan yang bisa di gunakan para pembuat produk kerajinan baik bahan yang sudah jadi atau bahan untuk di olah yang di sediakan oleh alam.

Sudah sejak lama mereka mencari bahan alternatif yang dari segi harga lebih murah dan mudah untuk mendapatkannya. 

Orang kreatif adalah orang yang dalam kepalanya punya ide dan gagasan kreatif lebih banyak, hal itu berbeda dari orang biasa saja pada umumnya. Bahkan dari hal sederhana saja sekali pun bisa timbul ide yang cemerlang, seperti dari barang barang sederhana yang di kira tidak berguna atau di anggap sampah, bagi orang seperti itu bisa di sulap di jadikan produk yang bermanfaat. 

Yang menjadi persoalan adalah adanya dorongan dan dukungan yang besar agar mereka bisa menciptakan karya karya yang bagus. Banyak karya sederhana yang kita jumpai produk dari barang sederhana yang mempunyai nilai manfaat setelah di sentuh oleh tangan mereka. 

Agar produk semacam itu bisa berkembang dan bisa menambah nilai ekonomi bagi masyarakat perlu pemberdayaan secara terus menerus. Besarnya kemauan dan daya kreatifitas yang tinggi adalah modal utama sehingga tercipta produk yang unik yang kreatif. 

Sekarang sudah banyak pemanfaatan barang barang sisa yang tidak terpakai ( sampah ) bisa di buat berbagai macam produk baik yang bernilai seni atau fungsional. Bahan bahan limbah (sampah) yang bisa di manfaatkan diantaranya,

- Karet dari ban bekas 
- Plastik bekas kemasan 
- Kain sisa membuat pakaian 
- Botol bekas
- Kaleng bekas
- Kertas bekas 
- Spart part (komponen) bekas kendaraan / elektronik 
- Kayu limbah 
- Kulit atau imitasi sisa pembuatan sepatu, tas, jaket dan sebagainya.

Dengan bekerja sama dengan berbagai pihak bahan tersebut bisa terkumpul, terutama dengan para pemungut sampah atau sengaja kita kumpulkan dari lingkungan sekitar. Selain bahan tersebut mudah di dapatkan juga sangat murah, tidak memerlukan biaya yang besar. Dari pada di buang percuma lebih baik kita manfaatkan, sehingga keuntungan yang di peroleh bisa lebih besar. 

Produk kerajinan yang bisa di buat dari bahan tersebut sangat beragam di antaranya, 
Hiasan / lukisan, Aksesoris, Tas / dompet, Tempat penyimpanan, Sandal / sepatu, Pakaian, perabot rumah tangga, Topi dan lain sebagaimya. 

Kelebihan jika menggunakan bahan tersebut kita bisa membantu mengurangi sampah, sehingga lingkungan menjadi bersih (ramah lingkungan) serta mengurangi bahaya polusi lingkungan. Hal itu adalah gerakan yang sedang di kampanyekan oleh semua pihak.



Posting Komentar