Cara belajar membuat produk kerajinan sendiri


produk kerajinan payung geulis
Produk kerajinan payung geulis
Ingin buat produk karya sendiri tapi tidak tahu caranya, belajar dan berlatih adalah kuncinya.

Menjadi seorang pembuat produk kerajinan ( pengrajin ) sebenarnya tidaklah mudah dan juga tidak terlalu sulit, dengan sebuah kemauan besar dan ketekunan pasti akan bisa. Memang untuk mahir dalam membuat kerajinan tangan di perlukan keahlian dan keterampilan khusus dan sedikit tahu segala hal yang berhubungan dengan teknik dan seni keindahan. 

Sebagian pendapat tersebut tidak bisa menjadi sebuah ukuran dengan belajar dengan terus menerus mencoba, meskipun mengalami banyak kendala bahkan kegagalan ( trial and error ). Seseorang pasti pada akhirnya akan bisa dan mampu membuat sebuah produk kerajinan yang bagus. 

Ibarat sebuah pisau kalau di asah secara berkala akhirnya akan runcing meskipun pisau itu tadinya tumpul, begitu juga dengan keterampilan seseorang. Memang jika seseorang punya karakter dasar dengan punya tangan sudah terampil dalam hal dan berbakat di bidang seni, maka proses pembelajarannya tidak akan memakan waktu yang lama. Bahkan jika belajar sendiri pun secara otodidak pasti ia akan mampu. Dengan bakat dan naluri seni serta imajinasi yang tinggi yang di miliki akan mampu menciptakan sebuah produk yang bagus. 

Semua hal itu memerlukan waktu pembelajaran atau bisa juga berguru pada yang ahli dan juga melihat dan mempelajari contoh produk yang sudah ada, hingga kemudian timbul daya imajinasinya untuk membuat produk tersebut dengan teknik dan cara sendiri.

 Ada beberapa langkah jika ingin membuat sebuah produk karya sendiri,
     1. Menentukan produk yang akan dibuat 
     2. Menciptakan produk baru atau meniru produk yang sudah ada 
   3. Belajar kepada yang sudah ahli atau belajar sendiri secara otodidak dengan mancari berbagai referensi dan informasi dari berbagai sumber.

Semua hal tersebut memerlukan sebuah proses dan pengorbanan ( keberanian ) yang besar bagi yang melakukannya, diantaranya, 
  •  Tenaga dan pikiran 
  •  Waktu 
  •  Modal atau biaya 
Sebagai contoh dalam kehidupan sehari hari kita banyak mengenal berbagai jenis resep makanan, untuk membuat satu jenis makanan di perlukan beberapa tahapan. langkah yang harus di lakukan pertama yaitu menentukan jenis makanan apa yang akan di buat kemudian mencari berbagai informasi ( resep ) tentang makanan tersebut atau bisa juga membeli sampel atau contohnya terlebih dulu. Kedua mempersiapkan alat dan bahan apa yang harus di pakai, ketiga cara dan proses pembuatan sehingga menjadi sebuah makanan yang enak dan menarik. 

Dari sedikit cerita di atas dapat kita simpulkan untuk membuat sebuah produk kerajinan juga di perlukan beberapa langkah, pertama menentukan produk yang akan kita buat dengan terlebih dulu mempelajari contoh produk yang sudah ada kemudian mencari berbagai informasi tentang produk tersebut. Kedua mempersiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan dan yang ketiga proses atau cara pengerjaan sehingga menjadi sebuah produk yang bagus dan menarik. 

Inovasi dan terobosan baru menjadi suatu hal terpenting agar sebuah produk agar menjadi lebih menarik dan beda dengan produk lainnya ( pesaing ) sehingga menjadi daya tarik bagi pembeli dan penikmat seni .

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu