Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Senin, 14 Maret 2016

Agar produk kerajinan umkm bisa bersaing dan di minati pembeli


Payung tradisional Indonesia
Payung tradisional Indonesia
Berbagai produk kerajinan produksi para UMKM di Indoneisa mempunyai banyak keunikan yang bisa menjadi komoditas andalan. Di era pasar bebas ASEAN ( MEA ) ini seharusnya bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk pemasaran produk tersebut. Sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi para pengrajin di berbagai wilayah di Indonesia. 

Dengan bimbingan dan arahan pemerintah khususnya Dinas terkait agar produk mereka bisa pasarkan ke pasar yang lebih luas. Namun hal itu tidaklah mudah perlu adanya kesiapan dari para pembuat produk ( pengrajin ) untuk membuat produk yang berkualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara lain. 

Dalam pemasaran lokal dulu produk kita harus bisa menjadi kebanggan kita sendiri dulu baik dari segi ciri khas keunikan maupun dari segi kualitas, kualitas tidak memalukan, terutama jika kita menggunakannya menjadi kebanggaan tersendiri. Jangan sampai kita malu menggunakan produk kita sendiri. Jika hal itu terjadi kita akan menjadi penonton melihat kejayaan produk negara lain. 
Tapi sebenarnya produk produk kerajinan kita saat ini masih banyak di minati para pembeli kita sendiri dan masih tetap menjadi kebanggaan.. 

Untuk memenangkan persaingan perlu adanya perbaikan kualitas produk dan cara pemasaran yang bagus agar pembeli merasa puas dengan produk yang mereka beli, kapasitas produksi bisa mencukupi bila ada permintaan yang cukup banyak. 

Berbagai persoalan, 

Kualitas produk 
Pada kenyataannya masih ada para pembuat ( pengrajin ) produk dalam membuat produknya masih biasa biasa saja ( standar ) dan jauh dari kata produk istimewa ( spesial ) . Kualitas produk haruslah menjadi acuan pokok pengrajin dalam setiap tahapan dan proses produksi . 

Ingin cepat untung 
Umumnya para pengrajin atau pembuat produk menyesuaikan kualitas produk dengan harga produk itu sendiri bahkan dalam proses produksi banyak mengacu pada target waktu penyelesaian sehingga kualitas produk menjadi terabaikan. Terutama jika tiba pemesanan atau order yang cukup banyak, produk yang kurang bagus bisa lolos begitu saja ke pasaran akhirnya banyak pembeli atau pemasok kecewa dan komplain. Pada akhirnya mereka tdak membeli dan menggunakan produk itu lagi. 

Sumber daya manusia ( pengrajin ) 
Menekuni bidang pembuat produk kerajinan ( pengrajin ) adalah suatu profesi yang sangat unik dimana orang tersebut harus mempunyai jiwa seni yang tinggi serta keuletan, keterampilan dan kesabaran dalam setiap tahapan membuat produknya. Bahkan ada sebagian dari mereka yang melibatkan perasaan setiap kegiatan usahanya, jika perasaan mereka kurang baik akan berpengaruh pada hasil produknya.

Pengrajin sejati umumnya menguasai seluruh tahapan produksi dari mulai awal sampai menjadi produk jadi dan sangat mengetahui kualitas detail produk yang di buatnya dari mulai bahan baku, proses pembuatan serta proses akhir sehingga produk jadi yang bisa di pasarkan. 

Pada saat sekarang sepertinya jarang kita menemukan seorang pengrajin seperti ini, bahkan proses regenerasi seakan menjadi sulit karena orang orang yang mau dan berminat menekuni bidang ini sepertinya tidak ada. Kalaupun ada umumnya mereka hanya menguasai sebagian proses produksi saja dan bagian tersebut yaitu tahapan akhir yang hanya memasang komponen ( bagian bagian ) menjadi produk jadi. 

Peralatan sederhana 
Penggunaan alat alat yang bagus akan mempengaruhi hasil produk, sebagian pengrajin umumnya sudah menggunakan alat alat modern seperti bor mesin, gergaji listrik, amplas, mesin bubut dan peralatan lainnya, tapi masih ada juga para pengrajin yang masih menggunakan alat alat sederhana ( manual ) khususnya di daerah daerah pinggiran. Dengan peralatan modern ( listrik ) mereka bisa menghasilkan produk yang bagus, kecepatan dalam proses pengerjaannya. 

Kontrol kualitas ( Quality Control ) 
Keterampilan dan pengetahuan mengenai detail produk sangat mempengaruhi para pekerja ( pembantu pengrajin ) dalam proses produksi. Kontrol kualitas dari setiap bagian atau komponen selalu di perhatikan. Apalagi orang orang ( pekerja ) yang ceroboh tidak peduli kualitas serta kerapihan produk, yang penting pekerjaan mereka selesai dan dapat upah. 

Bahan baku
Pemilihan dan proses pengolahan bahan baku yang bagus akan mempengaruhi kualitas sebuah produk. Maka proses ini sering dianggap kurang penting oleh sebagian pengrajin padahal jika sebuah produk kerajinan menggunakan bahan baku yang kurang bagus akan percuma dan sia sia meskipun produk tersebut sangat unik dan bagus. Ketahanan sebuah produk akan teruji tahan lama jika menggunakan bahan baku yang bagus. 

Inovasi
Terobosan terobosan baru sangat di perlukan untuk bisa tetap bertahan dan berkembang lebih baik lagi ke depan sebab produk pesaing akan muncul secara tak terbendung. 

Jika kita mempunyai sebuah produk kerajinan yang berkualitas dan sangat unik yang proses pengerjaan yang bagus dan rapi serta menggunakan bahan bahan baku yang bagus pula maka pasti produk tersebut akan di cari pembeli meskipun dengan harga yang tinggi. 


Posting Komentar