Cara agar biaya ongkos kirim hemat dan murah


cara agar biaya ongkos kirim hemat dan murah
Salah satu jasa pengiriman ternama
Dalam sebuah transaksi online besarnya biaya kirim akan selalu menjadi persoalan, apalagi barang kiriman jumlahnya banyak atau berat yang ringan tapi ukurannya besar. Ada sedikit tips dan cara untuk mengatasinya agar biaya ongkos kirim bisa hemat, murah serta cepat. 

Perkembangan e-commers di Indonesia saat ini begitu pesat, para pembeli dan penjual semakin percaya untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Mungkin karena pesatnya dunia informasi dan perkembangan dunia internet saat ini. Sekarang pembeli tidak perlu was was jika melakukan sebuah transaksi secara online, karena calon pembeli sudah sedikit tahu dengan melihat dulu data dan informasi penjual terlebih dahulu.

Dalam kesempatan ini kami akan berbagi pengalaman tentang cara pengiriman barang melalui jasa pengiriman baik melalui JNE, TIKI, POS Indonesia, Pandu Siwi Sentosa, RPX, Pahala, ESL dan lain sebagainya. Di Tasikmalaya hampir semua jasa pengiriman sepertinya sudah ada dan lengkap dan kita bisa memilih jasa pengiriman mana yang kita inginkan dan sukai. 

Untuk tarif kiriman barang atau non dokumen biasanya ada dua cara menghitung ukuran kiriman barang, tergantung berat dan besar ukuran paket kiriman atau mana yang lebih besar apabila paket kiriman ukuran kecil tapi berat maka di kenakan tarif kilo dan apabila ukuran paket kiriman besar tapi ringan maka akan di kenakan tarif volume atau menurut ketentuan mereka sendiri. 

Tarif kilo atau kilogram
Paket kiriman barang langsung di ukur atau ditimbang beratnya lalu di kalikan dengan tarif sesuai tujuan kiriman. 

Tarif volume
Paket kiriman di ukur dengan meteran berapa besar volume atau isi lalu di koversi menjadi kilogram kemudian di kalikan tarif sesuai tujuan kiriman. 
Cara menghitung volume paket kiriman yaitu dengan menghitung  Panjang x Lebar x Tinggi di bagi 6000 x tarif per kilogram sesuai alamat tujuan kiriman dan layanan. Tapi hal itu bisa berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan jasa pengiriman. 
cara agar biaya ongkos kirim hemat dan murah

Berikut cara agar biaya ongkos kirim bisa hemat, murah dan cepat 

Mencari informasi tarif ke berbagai jasa pengiriman 
Dengan membandingkan tarif semua jasa pengiriman akan menemukan biaya kirim yang lebih murah, tentu dengan mempertimbangkan keamanan barang. Untuk kiriman yang tahan banting serta target waktu yang tidak terburu buru bisa pilih yang mana saja, yang penting aman dan murah serta kita percaya.

Cara paking paket kiriman 
Untuk paket kiriman jumlah sedikit dan ukurannya kecil sepertinya tinggal langsung saja. Tapi ini untuk ukuran paket kiriman besar dan banyak sepertinya perlu sedikit putar otak, tentunya dengan cara yang legal. Cara seperti ini hanya bisa mengurangi besar kiriman satu atau dua kilogram. Jadi pada intinya dengan cara paking paket kiriman yang sedikit di akali. 

Misalnya, jika kita mengirim paket kiriman setelah di hitung atau di timbang total sekitar 50kg agar hemat pakingnya jangan di buat satu tapi di buat pakingnya 2 atau 3 paking ( dus ). Tapi harus di ukur dan di hitung dengan benar agar jangan salah hitung. Karena penghitungan lebih 0,3 Kg biasanya tidak di hitung. 

Untuk paket kiriman yang besar tapi ringan, cara pakingnya harus bagus dan menyusun barang yang di paking menjadi rapi sehingga besar paket kiriman menjadi tidak terlalu besar. 

Tempat atau kantor pengiriman 
Agar lebih hemat dan cepat pilih kantor pusat perwakilan atau cabang setempat, biasanya setiap satu kota atau kabupaten mempunyai satu cabang perwakilan, jadi tidak melalui agen atau counter.

Negosiasi 
Apabila ingin menawar lagi bisa kita negosiasi dengan petugas atau orang kepercayaan ( manager ) mengenai tarif atau besar timbangan kiriman, dengan meminta potongan atau diskon harga. 

Jika kiriman paket kiriman barang bisa agak cepat, waktu dan tempat memasukan barang harus melalui kantor perwakilan ( bukan agen ) serta waktunya harus sebelum kiriman di berangkatkan, misalnya pemberangkatan jam 1 siang maka barang kiriman sudah harus masuk sekitar jam 12 siang atau pagi, begitu juga kalau pemberangkatan sore atau malam agar barang yang kita kirimkan bisa langsung terkirim segera bukan besok pagi. 

Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi mengenai besarnya ongkos kirim dan cepatnya kiriman sampai, hal itu tergantung situasi dan kondisi serta aturan jasa pengiriman membuat aturan. Selamat bertansaksi online dengan aman dan nyaman.


Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu