Agar sandal tarumpah awet dan tahan lama


sandal tarumpah tasikmalaya
Sandal tarumpah Tasikmalaya
Cara merawat sandal tarumpah agar awet dan tahan lama sepertinya hampir sama dengan cara pemeliharaan sandal biasa atau sepatu pada umumnya. Cara pemakaian yang wajar dan semestinya bisa membuat sandal menjadi tahan lama. 

Yang namanya sandal atau sepatu apabila terkena panas atau air yang terlalu banyak dan berlebiahan, misalnya kehujanan apalagi sampai terendam air apabila tidak cepat di keringkan pasti akan mengalami kerusakan. Begitu juga akibat kepanasan akibat cuaca atau di jemur sinar matahari yang terus menerus dalam jangka waktu yang lama atau terkena benda yang menimbulkan panas berlebihan.

Sandal tarumpah yang terbuat dari dua bahan utama yaitu kulit dan karet, bisa mengalami kerusakan meskipun bahan bahan tersebut dianggap sebagai bahan paling ideal untuk sebuah bahan sandal atau sepatu. 

Bahan dari kulit 
Karakteristik bahan kulit yang awet dan bagus bisa saja rusak jika kena air atau terkena panas berlebih. Tapi jika terkena bahan tersebut kulit tidak akan menjadi rusak sekaligus, jika terdampak hal tersebut dan cepat di atasi dengan baik akan kembali utuh seperti semula. 

Bahan kulit jika kena air terlalu banyak dalam jangka waktu lama permukaannya akan menjadi lembek dan lunak, apabila tidak cepat di keringkan akan cepat rusak. 

Jika terkena suhu panas yang berlebih bahan kulit juga akan mengeras sehingga bisa merubah bentuk dan permukaannya. berbeda dengan jenis bahan lain selain bahan kulit seperti berbagai jenis imitasi, jika terkena panas atau air berlebih dalam jangka waktu lama akan cepat rusak. 
sandal tarumpah tasikmalaya

Bahan dari karet
Karet yang mempunyai sifat lembek dan lunak, yang jika kena bahan atau cairan kimia tertentu akan mengalami perubahan bentuk dan akhirnya menjadi rusak misalkan terkena minyak, bensin atau oli dan bahan bahan sejenis . 

Berikut beberapa hal perlu kita hindari agar sandal tarumpah bisa bertahan lama, 
Suhu panas berlebihan 
Jangan di simpan di bawah terik matahari atau sumber panas lainnya dalam jangka waktu yang lama, Segera teduhkan dan simpan di tempat yang teduh atau suhu sedang, jika terkena panas berlebih permukaan kulit akan mengeras dan lama kelamaan akan menjadi kasar, pada alas ( tatak ) sandal bentuknya menjadi melengkung seperti perahu jika dalam jangka waktu sangat lama. Contoh kasus seperti ini hanya sebagian saja. 

Air dan cuaca lembab berlebihan
Tidak hanya sandal tarumpah sandal atau sepatu jenis apapun jika kena air berlebihan atau basah akan cepat rusak, jika terjadi hal tersebut segera lap dan keringkan. Akibat dari kena air berlebih permukaan kulit yang tadinya kencang dan keras menjadi lembek dan lunak pada permukaan kulitnya lama kelamaan bahan kulit tersebut akan rusak. 

Minyak dan bensin 
Karena alas bagian bawah sandal tarumpah ( sol ) terbuat dari bahan karet mentah jika kena minyak, bensin atau oli akan mengembang, sehingga hindari menginjak minyak atau oli. Apabila tidak sengaja menginjak bahan tersebut segera keringkan atau lap sehingga menjadi kering atau bisa juga beri air permukaan bawah sandal dengan cara injak lantai yang ada airnya sehingga alas bagian bawah yang tadinya berminyak berubah menjadi berair. 

Apabila sandal tarumpah menginjak minyak atau oli dan sejenisnya bagian bawah sandal yang terbuat dari karet akan memuai dan mengembang atau menjadi agak besar, apabila menginjak lantai takut nantinya bisa licin atau lengket. 

Musuh utama 
Suhu panas, minyak atau oli, air dan berlebih bukan hanya musuh utama sandal tarumpah tapi semua sandal dan sepatu jenis lainnya juga, karena jika terkena hal tersebut sandal atau sepatu jenis apa pun juga akan mengalami kerusakan juga. 

Sepertinya tidak ada kata sebuah produk bisa di bilang sangat sempurna, kekurangan dan kelemahan mungkin saja ada dan terjadi. Bisa akibat salah pemakaian secara berlebihan yang tidak mengenal waktu bahkan situasi dan kondisi sehingga sandal menjadi cepat rusak. 

sandal tarumpah
Atau bisa saja bahan bahan yang di gunakan kurang bagus dan tidak berkualitas dan produk tersebut sudah di gunakan cukup lama sehingga sudah waktunya rusak 

Pemakaian dalam jangka waktu lama Apabila di gunakan dalam jangka waktu yang sangat lama kerusakan bisa saja terjadi misalkan jepit yang rusak sehingga putus atau gesper ( besi asesoris ) bagian tengah atas patah dan lain sebagainya, 

Untuk mengatasi hal ini pasti harus di bongkar atau di servis kepada tukang yang ahlinya atau di ganti bagian tersebut dengan yang baru. Tapi hal tersebut sangatlah susah dan sulit karena harus membongkar semua bagian bagian sandal tersebut. Dari pada hal tersebut di lakukan lebih baik di ganti dengan sandal tarumpah yang baru. 

Tapi keawetan dan ketahan sandal tarumpah asli sudah teruji dan terbukti, jika di gunakan dan di pakai secara normal dan wajar serta tidak berlebihan. Bahkan sandal tarumpah tasikmalaya sudah terbukti dari masa ke masa akan kualitasnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu