Produk kerajinan asli Indonesia yang di gemari dan di sukai


Perkembangan jaman telah banyak merubah gaya hidup dan kebiasaan manusia, perjalanan waktu juga telah banyak merubah segalanya. Kebutuhan manusia terus berkembang secara dinamis mengganti yang lama dengan hal yang baru, yang baru saat ini pun suatu saat nanti akan di gantikan dengan yang lain lagi di masa mendatang. Hal itu akan terus berputar memenuhi selera dan keinginan. Bahkan bisa saja sebuah mode yang di gemari dan di gunakan saat ini bisa saja dulunya pernah ada dan menjadi trend, mungkin karena kebetulan atau selera keinginan muncul kembali pada mode atau gaya tersebut. 

Hanya orang orang tertentu saja yang berperilaku menyukai produk model lama yang tidak mengikuti selera jaman, selera dan rasa kecintaanya seseorang pada sebuah produk tidak bisa dipaksakan meskipun produk produk baru banyak bermunculan dengan kualitas yang lebih baik dan harga yang lebih murah, tapi tetap selera mereka tidak tergoyahkan. 

Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang berperilaku seperti itu misalnya, pola pikir atau pemikiran, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya. Sepertinya ada rasa cinta dan kebanggan tersendiri apabila menggunakan produk tersebut. Menghargai hasil karya orang lain serta sudah terlebih dahulu melihat sejarah atau mengetahui proses tahapan pembuatan produk tersebut dari awal sampai akhir.

Sebagai contoh pecinta batik sejati, mereka akan berusaha mencari produk batik yang asli ( original ) meskipun jarak dan waktu akan di tempuhnya bahkan tidak peduli berapa biaya yang harus di keluarkan, dengan keunikan produk tersebut mereka mendapatkan kepuasan dan kebanggaan tersendiri.

Berbagai produk kerajinan unik asli Indonesia yang banyak di sukai dan di koleksi oleh para pencinta dan penggemarnya,

Kain batik
Kain jenis ini adalah salah satu satu kebanggan Indonesia yang sudah di akui dunia, keunikan kain batik banyak di sukai banyak orang mengkin karena proses dan cara pembuatannya yang beda dari kain lainnya serta bentuk corak dan motif yang sangat beragam yang melambangkan ciri khas daerah asalnya. 

Kain tenun tradisional
Dengan merangkai atau menenun helai demi helai benang menjadi selembar kain dalam waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Para pengrajin kain tenun ini tak pernah lelah dan menyerah demi menghasilkan sebuah produk yang istimewa dan menjadi kebanggaan mereka. Proses pembuatan kain tenun tradisional sangat berbeda dengan kain lainnya, peralatannya pun serba manual dan tradisonal. Indonesia memilki banyak ragam kain tenun tradisional di setiap daerah dengan berbagai bahan, corak dan motif yang khas. 

Batu batuan alam
Alam telah menyediakan segalanya bagi manusia untuk bisa dimanfaatkan salah satunya adalah batu, dari sebuah batu bisa di ciptakan berbagai macam perhiasan yang bernilai ekonomi tinggi. Ada centra produksi perhiasan dari batu batuan yang cukup terkenal di Indonesia yaitu dari pulau kalimantan tepatnya di Martapura. 

Produk karya seni dan ukiran dari kayu
Kayu juga merupakan hasil alam yang bisa di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan selain bangunan kayu juga bisa di olah menjadi bebagai produk yang bernilai guna atau fungsi juga bisa di buat untuk produk bernilai seni tinggi. Salah satu centra pengolahan kayu yang di padu dengan karya seni yaitu Jepara dan Bali. Dengan berbagai ukiran yang sangat bagus dan menarik produk mereka banyak di cari pembeli dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari manca negara. 

Produk alas kaki
Produk asli Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan produk yang berasal dari luar, produk alas kaki seperti sepatu banyak di gemari, misalnya produk sepatu kulit asal Cibaduyut. Sandal Tarumpah dan kelom geulis juga merupakan produk asli Indonesia dari Tasikmalaya juga mempunyai penggemar khusus yang tetap setia menggunakannya meskipun jumlahnya tidak banyak tapi mereka tetap menyukai walaupun harga agak mahal. 

Produk kerajinan asli Indonesia umumnya merupakan produk hasil karya tangan para pengrajin yang sudah cukup lama, produk tersebut menjadikan kebanggaan tersendiri bagi pengguna bahkan daerah asalnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu