Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Sabtu, 08 November 2014

Penjual dan pengrajin kelom geulis Tasikmalaya


Sentra sentra industri produk kerajinan di Tasikmalaya memang cukup banyak, ada beberapa tempat atau wilayah. Salah satu sentra produk kerajinan yang cukup di kenal yaitu sentra pembuatan sandal dan kelom geulis yang berada di jalan Tamansari gobras, tepatnya di wilayah gunung kanjere dan Gobras. Di sana banyak terdapat para pengrajin dan penjual sandal dan kelom geulis Tasikmalaya. 

Selain sebagai pengrajin sebagian mereka juga sebagai penjual sandal atau kelom geulis, pada umumnya penjual kelom geulis merupakan pengrajin atau mempunyai pegawai seorang pengrajin sandal atau kelom geulis. Bisa juga penjual mengadakan kerja sama dengan beberapa orang pengrajin tapi penjual sandal atau kelom geulis sudah tahu dan mengerti banyak tentang seluk beluk atau cara pembuatan produk tersebut, bahkan dari mulai awal atau hal paling detail dan kecil sampai pada hal yang paling besar secara keseluruhan, mereka juga mengerti proses penghitungan kalkulasi biaya atau ongkos sampai harga bahan bahannya. 

Mungkin dari pengalaman mereka bertahun tahun atau pengetahuan dari generasi sebelumnya secara turun temurun dalam bidang produksi sandal atau kelom geulis. Serta pemasaran produk sampai pada permasalahan transaksi dengan pembeli atau pelanggan, mereka telah banyak tahu dan merasakan asam garamnya usaha pembuatan sandal atau kelom geulis. 

Hanya pengrajin atau penjual sandal dan kelom geulis yang ahli dalam manajemen usaha yang baik dan modal yang cukup, mereka bisa bertahan dan berkembang sampai saat ini.untuk para pengrajin atau penjual sandal atau kelom geulis yang bernasib buruk akhirnya berhenti atau menutup usahanya. Hal semacam itu sudah biasa dalam usaha produksi sandal atau kelom geulis di Tasikmalaya. 

Berikut beberapa pengrajin atau penjual sandal atau kelom geulis di sentra produksi sandal dan kelom geulis yang masih bertahan dan berkembang sampai saat ini. Selain mereka menjual dan memproduksi kelom geulis sebagian dari mereka ada yang menjual atau memproduksi model sandal yang lain. Di mulai dari jalan taman sari wilayah gunung kanjere sampai jalan Taman sari Gobras,ini adalah toko atau outlet tempat penjualam mereka, 

1. Toko penjual Kelom geulis Sheny 
2. Toko penjual Kelom geulis Kayungyun 
3. Toko penjual Kelom geulis Salsa 
4. Toko penjual Kelom geulis Kireiko 
5. Toko penjual Kelom geulis Kanaya 
6. Toko penjual Kelom geulis Carvella 
7. Toko penjual Kelom geulis Kalfi 
8. Toko penjual Kelom geulis D vita 
9. Toko penjual Kelom geulis Salwa 
10. Toko penjual Kelom geulis Mustika 
11. Toko penjual Kelom geulis Liyana 

Sebenarnya masih banyak nama pengrajin atau penjual sandal dan kelom geulis di sini, hanya sebagian dari mereka belum mempunyai toko atau outlet tempat memajang produknya, mungkin karena berbagai alasan mereka belum punya toko atau outlet, bisa juga tempat atau rumah mereka berada tidak di pinggir jalan sehingga mereka memajang produknya di rumah saja. 

Banyaknya toko atau outlet penjualan sandal dan kelom geulis bermunculan saat ini sebenarnya hanya beberapa tahun terakhir ini. Dulu mereka hanya memproduksi kemudian di pasarkan ke berbagai toko atau tempat pemasaran lainnya. Dengan pesatnya kemajuan ekonomi dan berkembangnya wilayah tersebut yang sangat ramai serta banyaknya pengunjung dari daerah lain yang datang atau kebetulan berkunjung ke kota Tasikmalaya, mereka sekalian membeli sandal atau kelom geulis sebagai cendramata atau oleh oleh khas Tasik. 

Kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini terutama dunia internet membuat berbagai informasi bisa di akses dengan mudah oleh setiap orang di mana pun mereka berada, sehingga hal tersebut membuat informasi tentang produk sandal atau kelom geulis khas Tasikmalaya bisa tersebar luas dan di kenal semua orang. Untuk membeli produknya mereka tidak perlu datang langsung ke tokonya di Tasikmalaya cukup memesan lewat internet.






Posting Komentar