Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Sabtu, 11 Oktober 2014

Proses pembuatan produk busana muslim bordir


Para pengusaha atau pengrajin bordir di Tasikmalaya sangatlah banyak, yang menjadi sentra pengrajin bordir di Tasikmalaya berada di wilayah Tanjung, Kawalu, Saguling, Gunung Tandala dan sekitarnya. Produk bordir Tasikmalaya banyak di pasarkan ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan ke negeri tetangga, melalui berbagai macam cara dan sarana pemasaran. Produk yang di buat pun beraneka ragam tapi yang paling banyak di buat yaitu produk busana muslim.

Berikut beberapa tahapan atau proses pembuatan produk busana muslim bordir yang di lakukan para pengusaha atau pengrajin bordir di Tasikmalaya.

1. Mencari produk yang laku di pasaran 
Sebelum membuat produk mereka melakukan survey ke berbagai tempat atau menanyakan ke para pengusaha atau pengrajin lain yang ada, dengan bertanya produk model apa yang laku saat ini, biasanya model produk busana muslim tiap waktu selalu berubah tergantung permintaan pasar.

2. Membuat produk
Setelah rencana pembuatan produk sudah ada mereka biasanya meniru produk yang sudah ada dengan cara membeli sampel produk yang kemudian di tiru dengan cara di bongkar sampel tersebut dan kemudian di buatkan polanya agar produk yang di buat persis sama. Pembuatan produk bisa juga di buat berdasarkan pesanan, yaitu pemesan sudah membawa contoh produknya yang kemudian di buatkan.

Dalam membuat produk pengrajin biasanya membuat berbagai macam varian model, bahan dan ukuran bahkan dari segi kualitas di buat berbagai macam tingkatan dari kualitas biasa, sedang bahkan kualitas paling bagus, hal ini untuk menyesusaikan permintaan.

Ada beberapa tahapan yang harus dikerjakan sebelum menjadi sebuah produk bordir siap jual, berikut adalah alat dan bahan yang biasa di gunakan,

1. Kain, berbagai macam bahan kain dan kualitas
2. Stempel motif, apabila menggunakan mesin bordir biasa atau manual dengan mesin zuki
3. Mesin zuki, jika pembuatan motif atau gambar bordir secara manual
4. Flash disk atau Disket, berisi berbagai file motif gambar apabila menggunakan mesin komputer bordir
5. Mesin Komputer Bordir.
6. Mesin jahit, untuk menjahit bentuk pakaian atau busana
7. Benang
8. Solder ( Untuk menghilangkan atau membersihkan bagian yang tidak diperlukan ).
9. Alat dan bahan pelengkap lainnya

Proses pengerjaan

Membuat pola model dan memotong bahan kain
Di lakukan oleh orang yang tahu dan berpengalaman dalam merancang dan membuat pakaian atau busana ( desainer )
Membuat motif atau gambar hiasan sesuai keinginan
Dalam hal ini bisa menggunakan mesin juki bisa atau mesin computer, apabila menggunakan mesin juki biasa proses pengerjaannya agak lama kalau dengan mesin computer sangat cepat dan biaya pembuatan cukup murah, hanya produk yang di buat harus dalam jumlah banyak.
Menjahit
Membuat pakaian atau busana menjadi siap pakai, proses ini di lakukan oleh orang yang mahir dalam menjahit pakaian atau tukang jahit baju
Memasang bagian lain atau hiasan hiasan tertentu sebagai pelengkap
Memasang payet, kancing, memotong atau menghilangkan bagian bagian yang tidak di perlukan dengan solder atau gunting.
Proses paking
Sebelum proses paking produk pakaian atau busana di lakukan, produk tersebut di cek semua bagian satu persatu bila ada kesalahan atau kekurangan bisa di perbaiki, jangan sampai produk sudah di pasarkan ada kekurangan atau kesalahan produksi.
Sebelum di paking produk tersebut di setrika dan di rapikan agar tampil menarik yang kemudian di beri label nama, ukuran dan di bungkus dengan kemasan atau plastik.

3. Memasarkan produk
Ada berbagai macam cara untuk memasarkan produk, diantaranya,

- Di pasarkan langsung sendiri 
Produk bordir Tasikmalaya banyak di pasarkan ke berbagai tempat atau kota di Indonesia yang paling polpuler tempat pemasaran produk bordir pengrajin atau pengusaha Tasikmalaya yaitu ke kota Jakarta atau pasar Tanah Abang tapi sebenarnya tempat pemasaran tidak hanya ke tempat tersebut saja ada berbagai tempat lainnya, seperti pasar Tegal Gubuk Cirebon, Bandung dan tempat pemasaran lainnya.

- Di titipkan ke pihak lain atau pengusaha lain
Biasanya cara memasarkan seperti ini pengusaha atau pengrajin sudah melakukan proses kerja sama sebelumnya dengan berbagai atauran dan kesepakatan.

- Produk pesanan pihak lain
Produk yang telah selesai akan di serahkan kepada pihak pemesan

 Demikian sedikit ulasan mengenai proses dan tahapan pembuatan produk bordir Tasikmalaya.




Posting Komentar