Sandal Tarumpah kodian atau lusinan


sandal tarumpah asli
Sandal Tarumpah asli
Selain dari banyaknya bentuk, model dan ukuran sandal tarumpah, kualitas sandal tarumpah memang ada bermacam macam dari yang kualitas bagus, sedang atau yang kualitas rendah. Sandal tarumpah kodian atau lusinan memang banyak, yang di maksud disini adalah sandal yang di jual per kodi atau lusin jadi tidak di jual per pasang. Sandal tarumpah kodian sebenarnya hanya istilah saja dan sandal kodian umumnya di peruntukan untuk di jual kembali oleh para pedagang atau penjual.

Sandal per kodi isinya dua puluh pasang pada umumnya di bungkus atau di kemas menggunkan kantong plastik, dalam satu kodi berisi empat buah kantong plastik dan tiap kantong plastik berisi lima pasang sandal tarumpah dan tiap kantong plastik berisi nomor atau ukuran seri, ukuran seri artinya urutan nomornya berurutan dari yang kecil sampai yang besar.

 Tiap kantong plastik berisi lima pasang sandal yang berisi nomor 38, 39, 40, 41, 42 itu untuk ukuran sandal dewasa. Untuk ukuran anak anak biasanya urutan nomornya 31, 32, 33, 34, 35 dan untuk sandal wanita urutan nomornya 36, 37, 38, 39, 40. Ada juga sandal untuk ukuran sedang sandal ini biasa di pakai oleh anak berusia tanggung atau anak ABG ukuran nomornya biasanya 33, 34, 35, 36, 37, 

Urutan nomor tersebut memang tidak baku harus begitu tapi hal ini sudah menjadi aturan umum atau berpatokan pada sandal model lain pada umumnya. Jadi sebenarnya khusus untuk sandal tarumpah bentuk dan ukuran sandal tarumpah sebenarnya bisa di buat sesuai keinginan, apakah mau di buat nomor 40 semua atau nomor kecil semua karena bahannya berbentuk lembaran. Hal ini berbeda dengan sandal berbahan sol yang sudah jadi ( sol cetak ) yang bentuk dan ukurannya sudah ada hanya mengikutinya saja sesuai ukuran nomor. 

Selain di kemas dalam plastik bisa saja sandal tarumpah di kemas menggunakan dus atau karton seperti sepatu sandal model lainnya. Sandal yang di kemas seperti ini biasanya untuk sandal tarumpah berkualitas bagus atau keinginan pembuat atau penjual. 

Kualitas sandal kodian 
Pada umumnya istilah sandal kodian mempunyai kualitas sedang atau kurang bagus tapi tidak tertutup kemungkinan sandal kodian bisa saja di buat bekualitas bagus, hal ini hanya nama dan istilah jumlahnya saja. sandal tarumpah kodian di jual dengan harga tidak terlalu mahal. Hal ini akan berbeda dengan sandal berkualitas bagus pada umumnya tidak di jual kodian tapi di jual per pasang, meskipun membeli dalam jumlah banyak. Fakta di masyarakat saat ini Sandal tarumpah kodian mempunyai kesan murahan dengan kualitas yang kurang bagus. 

Harga sandal kodian 
Kita bandingkan saja, sebagai contoh sandal tarumpah kodian biasanya di jual sekitar Rp, 1,3 juta sampai Rp, 1,5 juta perkodi berarti per pasang jatuhnya sekitar Rp, 70.000 per pasang lalu kita bandingkan dengan sandal tarumpah berkualitas bagus, di toko sandal terumpah terkenal di Tasikmalaya harganya sekitar Rp, 160.000 sampai Rp, 200.000 per pasang, jika sandal tarumpah berkualitas bagus di jual perkodi harganya sekitar Rp, 3,2 juta sampai Rp, 4 juta per kodi dari sisi harga juga bisa kelihatan perbedaannya apalagi dari sisi kualitasnya. 

( harga di atas adalah perkiraan saja bukan harga pasti bisa lebih murah atau lebih mahal )

sandal tarumpah setengah jadi
Sandal tarumpah setengah jadi

Kita lihat dari sisi bahan yang di gunakan untuk sandal tarumpah asli berkualitas bagus yang menggunakan bahan karet mentah ( krep ) bukan sandal tarumpah dengan bahan sol cetak. 

Berikut rincian bahannya untuk sepasang sandal tarumpah asli, 
  • Kulit untuk muka atau bagian atas ( upper ) sekitar satu atau dua kaki ( feet ) di kali harga kulit per kaki.
  • Kulit untuk alas ( tatak ) kalau dalam rupiah sekitar Rp, 25.000 sampai Rp,30.000 per pasang ( di hitung dari berat kulit ) 
  • Untuk sol atau bagian bawah menghabiskan sekitar 7 sampai 8 ons karet atau kurang lebih satu lembar.
  • Bahan bahan lain seperti gesper ( variasi/hiasan ), minyak tanah, latek dan bahan lainnya.
  • Ongkos atau upah pengrajin, untuk sandal jenis ini dalam sehari bisa mengerjakan sekitar 3 sampai 5 pasang.

Kalau di hitung secara kasarnya untuk bahannya saja lebih dari Rp, 100.000 apalagi dengan ongkos upah dan biaya lainnya. bahan bahan tersebut tentu sangat jauh berbeda dengan sandal tarumpah kodian. Untuk sandal tarumpah berbahan sol karet cetak pun perhitungan harga bahannya pun berbeda lagi tapi lebih mahal dari bahan karet mentah ( kref ). 

Sandal tarumpah dengan harga murah di buat agar para pembeli yang mempunyai keterbatasan dana bisa memilki sandal tarumpah bukannya tidak mau mereka membeli sandal tarumpah yang bagus tapi faktor lain kurang mendukung atau mereka ingin mencobanya dan ingin tahu tentang sandal tarumpah. Jadi para pembeli punya banyak pilihan membeli yang bagus atau yang sedang. 

Ciri umum dari sandal tarumpah kodian 
Bahan yang di gunakan pada sandal tarumpah kodian tentu akan berbeda dengan sandal tarumpah berkualitas dari harganya saja bisa kelihatan. Untuk yang kodian bahan yang di gunakan di sesuaikan dengan harga, untuk bahan atas ( upper ) atau muka bisa menggunakan bahan kulit sebagian atau di campur bahan lain dan untuk solnya di campur bahan spon atau kertas di dalam badan sandal tersebut sehingga tidak kelihatan dari luar hanya bagian luarnya saja menggunakan karet. 

Jadi pada intinya penentuan besarnya harga di sesuaikan dengan bahan bahan yang di gunakan. 

Sekarang pilihan ada di tangan anda mau beli yang murah atau yang mahal mau yang kualitas bagus atau kualitas sedang. Yang jadi persoalan para pembeli merasa tidak di “ bohongi “ ketika mereka membeli katanya ini sandal tarumpah bagus ternyata baru beberapa bulan sudah rusak.

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu