Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Rabu, 10 September 2014

Gedung Dekranasda propinsi Jawa Barat


Propinsi Jawa Barat adalah salah satu propinsi yang banyak menghasilkan berbagai produk kerajinan dari setiap kota dan kabupaten yang ada pasti mempunyai produk kerajinan yang khas yang di miliki wilayah tersebut. Seperti misalnya kota Tasikmalaya yang menghasilkan produk yang menjadi ciri khasnya payung geulis, kelom geulis, aneka produk bordir, sandal adalah diantaranya. Begitu juga kota dan kabupaten lainnya yang ada di Jawa Barat juga memilkinya, produk tersebut perlu kita lestarikan agar tetap lestari dan berkembang di masa depan.

Apabila di kota Tasikmalaya mempunyai sarana promosi dan informasi produk kerajinan yang di namakan Imah Tasik, maka di tingkat propinsi Jawa Barat ada juga sarana atau tempat seperti itu yang lokasinya berada di kota Bandung yang bernama gedung Dekranasda tingkat propinsi. Dekranasda di bentuk secara bertingkat dari mulai tingkat pusat, propinsi sampai kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. 

Jawa Barat memiliki ribuan pengrajin yang menghasilkan berbagai macam produk kerajinan. Dekranasda atau singkatan Dewan Kerajinan Nasional Daerah, untuk tingkat Jawa Barat istilah kerennya di namai 
Jabar Craft Center beralamat di jalan Ir H Juanda No.19 kota Bandung, gedung tersebut berukuran kurang lebih 15 meter x 29 meter dengan bangunan permanen 3 lantai, gedung Dekranasda ini sempat berpindah tempat sampai beberapa kali dan akhirnya pindah ke alamat sekarang. 

Bangunan tersebut berfungsi sebagai pusat informasi serta promosi berbagai produk kerajinan khas Jawa Barat, di tempat tersebut banyak di tampilkan berbagai produk dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat, dari mulai produk kerajinan khas Tasikmalaya, produk kerajinan khas dari kota Cirebon, produk kerajinan gerabah dari Plered Purwakarta, produk alas kaki dan sepatu, produk pakaian dan batik serta banyak yang lainnya.

Ada juga berbagai benda dan peralatan tradisional khas Jawa Barat seperti, kujang, berbagai macam mainan tradisional . Alat musik dan kesenian tradisional seperti, angklung, wayang golek dan berbagai macam peralatan rumah tangga tradisional. Dekranasda diharapkan menjadi jembatan penghubung antara para pengrajin dan konsumen yang selama ini menjadi kendala para pengrajin dalam memasarkan hasil karyanya ke masyarakat yang lebih luas. 

Para pengunjung dari berbagai daerah telah banyak berkunjung ke tempat tersebut, hal tersebut bisa mempermudah mereka mendapatkan informasi tanpa mengunjungi tempat asalnya, karena kalau mengunjungi satu persatu akan memerlukan waktu yang cukup lama dan pasti biayanyapun akan lebih besar. Apabila kita ke sana kita dapat melihat produknya secara langsung dan kita juga bisa langsung membeli produknya. 

Berbagai kegiatan selalu di adakan di tempat tersebut seperti, pameran, pekan kerajinan, berbagai lomba dan acara lainnya yang berhubungan dengan promosi atau lainnya. Untuk para pengunjung di sediakan kemudahan dan kenyamanan seperti kafe, aula, perpustakaan, wifi dan berbagai akses informasi lainnya. Selamat berkunjung ! 

 # dari berbagai sumber.






Posting Komentar