Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Minggu, 07 September 2014

Bentuk bagian komponen rangka payung geulis


Bentuk komponen payung geulis
Bentuk komponen payung geulis 
Berbagai keunikan pada Payung geulis Tasikmalaya adalah dari bentuk dan bahan di buat, bambu dan kayu adalah bahan utama payung geulis. Payung kertas bahan penutupnya dari kertas begitu juga payung yang menggunakan bahan kain. Faktor keunikan Rangka atau kerangka payung adalah yang paling menonjol diantara berbagai produk kerajinan yang lain. Beberapa bagian dan komponennya di buat sangat sederhana.

Sepertinya keunikan ini hampir sama dengan kerajinan payung tradisional dari daerah atau negara lain. Payung tradisional jepang adalah payung yang sangat populer karena bentuk dan motif gambarnya punya ciri khas sendiri. Ada pula payung tradisional dari Thailand dan China. Tapi secara garis besar bentuknya hampir sama, hanya bagian tertentu saja yang agak berbeda.

Proses pembuatan secara manual
Dahulu sebelum adanya mesin listrik modern pembuatan rangka payung menggunakan alat alat tradisional seadanya. Untuk pembuatan poros bagian tengah ( bola bola, istilah pengrajin payung geulis Tasik) yang terbuat dari kayu di buat dan di bentuk dengan golok atau pisau, gergaji tangan dan di lubangi dengan bor tangan secara manual serta di bubut dengan mesin bubut tradisional pula yang di gerakan dengan kaki sehingga memakan waktu yang cukup lama. Hal ini sangat berbeda dengan sekarang yang pembuatannya menggunakan mesin mesin listrik, seperti gergaji duduk, bor listrik tangan atau duduk dan peralatan pendukung lainnya.

Cara penggergajian kayunya pun dengan gergaji tangan dan di belah dengan golok sehingga bahan kayu banyak tersisa percuma karena kekecilan atau ngak rapi. Hal ini berbeda dengan sekarang bisa di kerjakan dengan sangat cepat dari satu gelondongan kayu bisa di buat berbagai macam bentuk dan ukuran dengan akurat dan tidak banyak menyisakan bahan yang tidak terpakai.

Jumlah pembuat atau pengrajin rangka payung geulis Tasikmalaya sangat sedikit, saat ini hanya dua orang dengan beberapa pekerjanya.

Berikut bentuk semua bagian atau komponen pada rangka payung geulis, .

bentuk bagian komponen rangka payung geulis
Bentuk bagian komponen rangka payung geulis

Bentuk dan ukuran komponen pada rangka payung geulis beragam sesuai ukuran diameter payung untuk payung kecil dengan diameter 50 cm dan diameter 70 cm atau 80 cm bentuknya hampir sama hanya jumlah jari jari dan ukurannya yang berbeda. Dan untuk ukuran payung yang berukuran sangat besar bentuk rangka payungnya sama saja, hanya bentuk ukuran dan tingginya tiang atau gagang panjang dan besar.



Posting Komentar