Pengrajin mainan tradisional dari kayu


Di Jawa Barat banyak memiliki sentra para pengrajin yang sangat kreatif, selain Tasikmalaya banyak juga daerah penghasil produk kerajinan yang terbuat dari berbagai bahan alam, termasuk kayu, bambu, kulit hewan yang di olah, daun tumbuh tumbuhan yang di keringkan dan lain sebagainya. Pengrajin mainan kayu banyak terdapat di daerah Citatah kabupaten Bandung barat, tepatnya di kampung Margaluyu Mekar kecamatan Cipatat.

Apabila kita menuju arah Jakarta dari Bandung setelah keluar tol Padaleunyi tepatnya jalan raya Cipatat, kita akan menjumpai berderet kios kios penjual oleh oleh khas Jawa Barat seperti Peuyeum Bandung, Ubi Cilembu dan lainnya. selain itu kita akan menjumpai berbagai macam oleh oleh mainan tradisional yang terbuat dari kayu seperti kuda kudaan, mobil mobilan berupa truk atau bis mainan ada juga aneka mainan bentuk hewan dan binatang yang unik dan menarik.

Dengan ramainya lalu lintas kendaraan di jalur tersebut membuat pemasaran produk mereka menjadi mudah. Produk yang mereka hasilnya umumnya di jual di beberapa kios di wilayah jalan raya Cipatat. Selain itu produknya banyak di kirim ke berbagai kota besar dan berbagai daerah di Jawa Barat. Selain kuda kudaan dan truk mainan masih banyak berbagai macam jenis mainan kayu lainnya, dengan harga terjangkau mereka menjual produk mereka berkisar di bawah seratus ribu untuk mainan kuda kudaan dan untuk truk mainan berkisar di bawah Rp,50.000 untuk ukuran sedang dan ukuran besar di atas harga Rp,50.000. Dengan adanya kegiatan para pengrajin membuat produk mainan dari kayu, warga sekitar bisa terbantu dengan adanya lapangan kerja dan bisa menambah penghasilan.

Keahlian para perajin mainan kayu tradisional Cipatat di peroleh secara otodikak yang di ajarkan oleh para seniornya secara turun temurun, dengan keterampilan yang mereka dapat produk yang di hasilkan cukup banyak dan di sukai banyak pembeli meskipun peralatan yang mereka gunakan sangat sederhana dan serba manual. Bahan kayu yang di gunakan diantaranya kayu albasia, kayu randu, kayu muncang dan sejenisnya yang di perolah dari para pemasok atau bandar kayu setempat. 

Kayu kayu tersebut merupakan kayu hasil pertanian dari para petani yang menanam lahannya dengan berbagai macam jenis kayu. Bahan kayu yang di gunakan pun tidak perlu berukuran besar atau kayu berkelas, kayu berukuran kecil pun bisa di pakai. Berbeda dengan para pengrajin atau pembuat berbagai produk mebel yang menggunakan kayu yang bagus dan berkualitas. 

Kerajinan mainan kayu Cipatat telah mengalami jatuh bangun di karenakan berbagai kendala, tapi mereka tetap bertahan menjalankan usahanya sampai saat ini. Sepertinya bantuan pemerintah sangat membantu kelangsungan usaha mereka, peralatan modern sangat di perlukan agar produk yang di hasilkan bisa lebih cepat dan hasilnya bagus.

# sumber pikiran rakyat

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu