Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Jumat, 11 April 2014

Bahan dari alam untuk membuat produk kerajinan


Bahan dari alam untuk membuat produk kerajinan payung geulis
Payung geulis bahan utama terbuat dari kayu dan bambu
Berbagai macam bahan dari alam banyak di pakai dalam membuat berbagai macam produk kerajinan, bahan yang di gunakan tergantung jenis produk kerajinan yang akan di buat. Bahan bahan yang berasal dari alam adalah bahan yang paling banyak di pakai dan di gunakan, mungkin karena sudah tersedia dan paling mudah di dapatkan serta harganya terjangkau. 

Bambu dan kayu adalah bahan yang paling banyak di pakai dalam membuat produk produk kerajinan, mungkin karena pohon tersebut tumbuh subur di Indonesia khususnya di pulau jawa, selain bambu dan kayu masih banyak lagi bahan bahan dari alam yang bisa di gunakan misalnya kulit hewan, tanah liat, daun atau tumbuh tumbuhan yang di olah serta di keringkan atau kain yang terbuat dari kapas atau sutra yang di tenun. 

Pemanfaatan sumber daya alam menjadi sebuah produk kerajinan sudah ada dari jaman dulu dan mungkin sudah berlangsung lama selama puluhan tahun bahkan lebih dan dari generasi ke generasi sampai sekarang pun masih berlangsung. 

Bahan pewarna dari alam
Misalnya dalam penggunaan bahan pewarna pada kain batik atau kain tenun menggunakan bahan pewarna alami dari tumbuh tumbuhan atau getah dari pohon yang di olah secara sederhana. Pemakaian bahan dari alam mempunyai berbagai macam kelebihan dan keuntungan mungkin karena ramah lingkungan dan proses produksi tidak begitu sulit dan hemat. Tapi kendala sekarang ketersediaan bahan bahan atau tumbuh tumbuhannya makin sulit di dapat, mungkin rasanya sekarang perlu pembudidayaan kembali tumbuhan tersebut. 

Saat ini sedang di kembangkan aneka produk kerajinan dari bahan bahan limbah dari barang barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi atau dari bahan bahan sisa dari pengolahan proses produksi. Yang sebelumnya di buang begitu saja sekarang sedapat mungkin harus bisa di gunakan atau di pakai sebagai bahan untuk membuat produk produk kerajinan. Ada juga bahan bahan sintetis atau bahan tiruan yang meniru dari bahan bahan alam yang populer misalnya kulit tiruan, rotan tiruan dan lain sebagainya. 

Sebelum bisa di gunakan bahan bahan yang berasal dari alam memerlukan proses pengolahan khusus, sehingga di perlukan berbagai macam alat alat atau cara cara yang sudah biasa di lakukan sehingga bahan bahan tersebut bisa di pakai sebagai bahan. Mungkin dari berbagai pengalaman orang orang terdahulu yang di turunkan secara turun temurun secara sederhana dengan alat alat seadanya pula. 

Dengan kemajuan ilmu dan teknologi proses pengolahan bahan sekarang menggunakan mesin mesin modern sehingga bahan yang di hasilkan bisa lebih cepat dan berkualitas, terutama bahan baku yang berasal dari bahan kulit hewan.

Beberapa bahan bahan dari alam yang sering di pakai dalam membuat produk kerajinan 

Kayu 
Adalah bahan yang banyak di pakai sebagai bahan kerajinan mungkin karena mudah di dapatkan dan bisa di buat dalam berbagai macam bentuk kerajinan dan alat alat perlengkapan yang ada di rumah. 

Bambu 
Hampir sama dengan kayu bambu paling banyak di gunakan, berbagai macam bentuk kerajinan telah banyak di buat termasuk perlengkapan dapur, rumah dan sebagainya. 

Kapas atau sutera 
Sebagai bahan dasar untuk membuat benang untuk membuat kain tenun atau kain batik 

Daun atau tumbuh tumbuhan 
Daun yang di gunakan adalah daun yang sudah di keringkan sehingga akan awet dan tahan lama, daun yang sering di pakai adalah daun pandan, daun mendong atau eceng gondok dan sebagainya. 

Kulit hewan atau binatang 
Bahan ini adalah bahan yang sangat di minati oleh setiap orang mungkin karena kualitasnya yang terjamin, tapi sayang harganya sangat mahal sehingga menjadi kurang terjangkau  bagi kalangan tertentu saja. Karena kualitasnya yang tahan lama dan proses produksi yang sulit dan memerlukan alat alat dan keahlian khusus. 

Tanah liat 
Dengan berbagai macam bentuk kerajinan dari tanah liat banyak di buat sehingga menjadi produk yang bernilai guna pakai dan manfaat bahkan bernilai seni, khusus untuk produk dari tanah liat sebelum dapat di gunakan dan setelah di bentuk terlebih dulu harus panaskan pada suhu bara api yang tinggi selama beberapa waktu, baru proses finishing menjadi produk yang bisa di gunakan.

Batu batuan
Umumnya di gunakan sebagai perhiasan atau asesoris     

Bahan pewarna dari alam 
Bahan bahan ini jarang di gunakan pada saat sekarang karena ketersediaan bahan atau dalam segi kepraktisannya sangat kurang. Mungkin dulu sering di gunakan sepertinya sekarang sangat jarang karena sudah banyak bahan pewarna buatan yang banyak di pasaran. 

Alam menyediakan semua untuk keperluan kita tinggal kita bisa memanfaatkananya dengan baik, kita harus melestarikan hasil alam tersebut yang suatu waktu akan habis. Suatu saat nanti kita harus mencari sumber daya lain yang bisa kita pakai sebagai pengganti.