Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Minggu, 30 Maret 2014

Pelaku Industri ekonomi kreatif di Indonesia


Pelaku Industri ekonomi kreatif di Indonesia
Pelaku Industri ekonomi kreatif di Indonesia
Indonesia sangat kaya akan berbagai macam sumber daya termasuk sumber daya alam dan sumber daya manusia, tidak sepantasnya ekonomi Indonesia tertinggal dari negara lain. Selain sumber daya alam yang sangat melimpah sumber daya manusianya juga cukup banyak juga, apalagi  terdapat orang orang kreatif yang bisa menciptakan berbagai macam hasil karya yang inspiratif, kreatif dan inovatif.

Putra putra terbaik Indonesia sudah banyak menciptakan karya yang monumental dari berbagai bidang, BJ Habibie diantaranya yang ahli dalam bidang teknologi kedirgantaraan, tapi yang akan kami bahas adalah industri kreatif Indonesia, selain itu banyak bidang yang lainnya termasuk bidang seni dan membuat berbagai produk kerajinan. Para seniman atau orang yang ahli di bidang pembuatan produk yang bernilai seni tinggi banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan hampir di setiap daerah dapat kita jumpai orang orang kreatif yang bisa membuat berbagai karya dan produk produk kerajinan yang unik dan bisa menjadikan sumber ekonomi bagi dirinya dan masyarakat lingkungannya. Hal tersebut telah membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran dan menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, bahkan hal itu sudah berlangsung lama dan sudah puluhan tahun secara turun temurun mereka geluti.

Perkembangan industri kreatif Indonesia  saat ini cukup berkembang dan meningkat cukup pesat, umumnya produk produk seni dalam bentuk fashion dan produk kerajinan, contohnya batik yang banyak di produksi di berbagai daerah di pulau jawa misalnya Batik Solo, Batik Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Jogja dan masih banyak daerah di Indonesia yang memproduksi berbagai macam produk batik dengan ciri khasnya masing masing. Selain batik banyak hasil karya lainnya diantaranya berbagai macam kain tenun khas berbagai daerah. Produk ekonomi kreatif Indonesia sangatlah banyak hanya perlu dukungan semua pihak untuk di kembangkan. 

Berbagai karya mereka menjadi daya tarik daerahnya bahkan menarik minat para pengunjung dari daerah lain untuk mengunjungi dan membelinya, misalnya produk sepatu Cibaduyut atau produk jean Cihampelas, berbagai macam produk dari bahan kulit di kota Garut.

Pelaku industri ekonomi kreatif di Tasikmalaya
Di Tasikmalaya atau kota Tasik banyak terdapat produk produk ekonomi kreatif yang sudah ada sejak lama, yang paling banyak di kenal yaitu kerajinan bordir, berbagai macam produk sandal, kelom geulis, berbagai jenis anyaman, payung geulis, sandal tarumpah dan lain sebagainya. Dengan hal itu banyak bermunculan pelaku industri indrustri kreatif di sana.

Sebagai ciri berkembangnya indrustri kreatif di Tasikmalaya yaitu banyak bermunculan Factory outlet ( FO ) atau toko toko penjual produk produk asli Tasikmalaya diantaranya,

  • Produk busana bordir di jalan Perintis Kemerdekaan Kawalu,
  • Produk batik di kecamatan Cipedes,
  • Produk kelom geulis atau sandal di jalan Tamansari atau jalan Gobras
  • Berbagai Distro atau Clothing di tiap tempat strategis di kota Tasikmalaya.
  • Produk kerajinan dari mendong di kecamatan Cibeureum dan Purbaratu kota Tasikmalaya
  • Serta tumbuhnya kawasan indrustri kecil menengah di berbagai wilayah sentra sentra kerajinan.

Produk industri ekonomi kreatif Indonesia
Produk industri ekonomi kreatif Indonesia 
Selain di pusat kota Tasikmalaya, pasar Rajapolah juga menjadi pusat perdagangan hasil produk pengrajin dari Tasikmalaya dan berbagai daerah lainnya.

Selain menjadi daya tarik bagi kota Tasikmalaya juga menjadi sumber pendapatan para pelaku ekonomi lainnya dan pada akhirnya tingkat perekonomian masayarakat makin berkembang. Sehingga dengan berkembangnya indrustri kreatif di Tasikmalaya dapat meningkatkan Pendapatan asli daerah ( PAD ) dari tahun ke tahun.

Ada yang menjadi ciri khas dan keunikan produknya sehingga dapat membedakan dari daerah daerah lainnya misalnya, kelom geulis, payung geulis, sandal tarumpah, produk bordir dan berbagai jenis anyaman yang tidak akan kita temukan di tempat lain.

Berbagai inovasi dan ide ide baru yang terus di kembangkan, membuat produk ekonomi kreatif Indonesia terus berkembang sampai saat ini, dukungan semua pihak terutama dinas terkait dan pemerintah daerah yang terus membantu para pelaku ekonomi kreatif di Tasikmalaya khususnya, dengan memberikan fasilitas bantuan dan kesempatan untuk mempromosikan produknya dengan berbagai macam cara.
Maju terus industri ekonomi kreatif Indonesia !