Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Sabtu, 25 Januari 2014

Penjual mainan tradisional Indonesia


Salah satu mainan tradisional Indonesia
Salah satu mainan tradisional Indonesia
Mainan tradisional adalah berbagai bentuk jenis mainan sederhana yang umumnya terbuat dari bahan bambu atau kayu, yang pernah ada dan pernah di mainkan oleh anak anak atau orang tua dahulu. Karena bahan bahan yang tersedia dan bisa di gunakan hanya bambu dan kayu maka hampir semua bahan pembuatan mainan tradisional Indoneisia menggunakan bahan bahan dari alam, ada juga bahan bahan dari alam lainnya seperti tumbuh tumbuhan yang di keringkan. Kalau kita menyebutkan sebuah mainan tradisional maka pasti akan berhubungan dengan berbgai produk kerajinan tangan. 

Penjual mainan tradisional sekarang jarang kita temukan lagi bahkan hampir punah, mungkin karena kurang peminatnya sehingga pembuat atau pengrajin mainan tersebut tidak lagi memproduksi. Dengan membanjirnya produk mainan modern yang di import dari luar, terutama mainan dari China sehingga telah menggeser produk mainan lokal khususnya mainan tradisional Indonesia. Dengan harga yang sangat murah dan beraneka ragam, sehingga produk mainan tersebut menarik minat dan di sukai para pembeli khususnya anak anak. 

Menurut berbagai sumber dari penjual mainan tradisional dan toko suvenir, berbagai mainan tradisional banyak di produksi di daerah Yogyakarta atau di sentra pembuatan produk kerajinan, kalau kita ingin mencari produk mainan tradisional kita bisa mengunjungi toko toko kerajinan tradisional atau toko suvenir. Kalau di Tasikmalaya kita dapat mengunjungi sentra penjualan produk kerajinan di Rajapolah, di sana kita akan menemukan berbagai bentuk dan jenis kerajinan berupa mainan mainan tradisional Indonesia yang jarang kita temukan lagi. 

Pada umumya apabila kita menemukan sebuah jenis mainan tradisional tentu akan bertanya bagaimana cara mamainkannya karena pada umumnya banyak yang belum mengetahuinya. Dan pasti kita akan bertanya kepada penjual mainan tersebut apa namanya dan bagaimana cara memainkannya.

Berikut berbagai contoh jenis mainan tradisional Indonesia,

Suling bambu 
Sejenis alat musik tradisional terbuat dari bambu, selain sebagai alat musik tradisional dahulu suling juga sering di gunakan anak anak sebagai mainan, tapi sekarang sepertinya tidak. 

Gangsing bambu atau kayu 
Ada berbagai bentuk, ukuran dan bahan gangsing sesuai daerah asalnya kalau di jawa barat atau tepatnya di Tasikmalaya gangsing banyak di buat dari bahan kayu yang di bentuk dengan alat alat sederhana atau di bubut dengan memasang besi atau paku yang di potong kemudian di tancapkan pada bagian bawahnya, cara memainkannya dengan sebuah tali dari bekas kain yang panjang di kepang dan di lilit. Tapi gangsing dari daerah lain ada yang terbuat dari bahan bambu dengan ukutan agak besar dan kalau di mainkan bisa berbunyi. 

Angklung
Alat musik tradisional khas jawa barat yang terbuat dari bambu, sebenarnya angklung merupakan alat musik tradisional yang sangat terkenal tapi angklung juga sering di pakai sebagai mainan, bahkan karena bentuknya yang unik angklung juga sering di gunakan sebagai hiasan.

Piriwit atau sejenis peluit dari bambu, 
Sejenis alat bunyi bunyian yang di tiup umumnya terbuat dari bambu, mainan ini di tiup seperti suling kecil tapi ujungnya di tutup memakai batang bambu yang di tarik atau di ulur sehingga mengeluarkan suara suara yang unik. 

Krotokan / totoroktokan 
Mainan ini terbuat dari kayu dan bambu, cara memainkannya dengan cara di putar putar gagang atau pegangan sehingga mengeluarkan bunyi. Atau kalau sekarang ada jenis mainan yang di dorong pakai gagang berbentuk burung dengan dua buah roda ketika di dorong akan mengeluarkan bunyi. 

Sebenarnya masih banyak bentuk dan jenis mainan tradisional khas Indoneisa lainnya, seperti ketepel, congklak dari kayu, bentuk mainan dari kayu, mainan anak untuk perang perangan dari bambu dan lain sebagainya. Kita berharap kepada pemerintah khususnya dinas terkait atau orang orang peduli bisa membudayakan dan melestarikan segala jenis mainan tradisional Indonesia ini agar tidak punah.