Inspirasi seni dan budaya Indonesia


Inspirasi seni dan budaya Indonesia
Pengrajin Wayang kulit
Sekilas kelihatan biasa saja tidak ada sesuatu yang berbeda pada sebuah tulisan yang tertera pada sebuah kalender keluaran terbaru 2014, tapi setelah di perhatikan secara teliti kami sangat tertarik dan menggugah hati, setelah menelisik kata perkata yang tertera pada sebuah lembaran demi lembaran kalender sebuah Bank terkemuka di Indonesia. Sebuah inspirasi seni dan budaya Indonesia yang terlupakan, yang pantas menjadi sebuah kebanggaan kita bersama. 

Mewartakan nilai luhur, mengajarkan tuntunan hidup 
Wayang 
Wayang artinya bayang karena penonton melihat bayangan dari bentuk bentuk wayang di balik layar. Cerita wayang bersumber dari kisah klasik mahabarata dan Ramayana. Seni pewayangan adalah salah satu seni budaya bangsa adiluhung. Wayang kulit telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Masterpiece of oral and intangible heritage of humanity. 

Merangkai dinamika,menggelorakan semangat 
Kuda lumping 
Kuda lumping atau jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional yang menampilkan sekeompok prajurit tengah menunggang kuda. Tarian ini menggunakan bembu yang di anyam menyerupai bentuk kuda. Anyaman kuda ini di hias dengan cat dan kain beraneka warna. Tarian kuda lumpiing biasanya menampilkan adegan prajurit berkuda yang atraktif. Penarikuda lumping menggunakan seragam prajurit yang konon menggambarkan semangat melwan penjajah. 

Merangkai keindahan, mempertahankan kemasyhuran 
Songket 
Merupakan kain tenun mewah yang menggunakan benang emas atau perak asli yang di tenun dengan tangan sehingga menjadi kain yang cantik. Keemasan songket Palembang di kaitkan dengan kegemilangan kerajaan Sriwijaya. Palembang adalah pusat kerajinan songket termashur di Indonesia. Songket Palembang merupakan songket terbaik di Indonesia dari segi kualitas, sehingga mendapatkan sebutan Ratu segala kain. 

Melintas jaman, mengubah peran 
Ondel ondel 
Adalah kesenian khas masyarakat Betawi, berbentuk boneka dengan tinggi sekitar 2,5 meter. Zaman dahulu ondel ondel di anggap personifikasi leluhur dan berfugsi sebagai penolak bala. Zaman sekarang ondel ondel menjadi seni pertunjukan rakyatpada acar hajatan , penyambutan tamu kehormatan dan pesta masyarakat Betawi. 

Mengolah potensi alam, meningkatkan kesejahteraan 
Anyaman rotan 
Penduduk Jambi yang sebagian besar adalah suku melayu yang memenfaatkan potensi rotan menjadi beragam wadah untuk berbagai keperluan. Anyaman rotan Jambi terkenal karena kekuatan dan kehalusannya sehingga menjadi salah satu suvenir khas Jambi. 

Menjunjung tradisi, mempererat persaudaraan 
Tandok 
Adalah alat hantaran atau wadah yang terbuat dari anyaman pandan. Tandok di gunakan saat upacara adat dan seremonial lain untuk tempat beras hantaran sebagai persembahan dan pereratanpersaudaraan. Dalam upacara tandok di junjung di atas kepalaoleh kaum ibu sambil manortor ( menari tortor. 

# Sumber artikel dan foto dari sebuah kalender tahun 2014 Bank Mandiri syariah

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat payung kertas

Alat alat untuk membuat Sandal dan Sepatu

Produk kerajinan tangan khas Jawa Barat

Bahan untuk Membuat Payung Geulis

Peralatan tradisional untuk pertukangan kayu