Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Sabtu, 11 Januari 2014

Cara dan proses pembuatan produk sandal terbaru


Pada umumnya proses pembuatan sandal atau sepatu hampir sama saja hanya ada sedikit perbedaan, bagi para pembuat atau pengrajin sandal atau sepatu mungkin tidak akan asing lagi mengenai beberapa tahapan pembuatannya kadang untuk membuat sebuah sandal jenis tertentu perlu waktu beberapa saat untuk mempelajarinya bahkan untuk pengrajin yang sudah mahir atau berpengalaman dengan melihatnya saja mereka sudah mengerti cara atau proses pembuatannya.

Membuat bentuk dan model terbaru
Para pengrajin yang sudah mahir biasanya mereka suka melihat produk produk terbaru di toko toko terkemuka atau Pusat perbelanjaan modern ( Mall ) mereka bukan hanya jalan jalan tapi sambil melihat produk terbaru keluaran produsen terkenal sebagai cara mendapatkan ide bentuk, model serta informasi produk produk yang bagus dan sangat laku pada saat itu, sebagai bahan untuk membuat produk produk sandal atau sepatu selanjutnya.

Apabila ada sebuah produk sandal atau sepatu yang bagus dan pantas atau yang banyak di gemari maka mereka membeli produk tersebut yang akan di jadikan sebagai contoh atau sampel kemudian di tiru atau di modifikasi sedikit atau sebagian. Langkah langkah tersebut merupakan cara agar produk yang akan di buat bisa bertahan dan bersaing dengan produk produk yang lain mengikuti selera pasar, tapi cara cara ini bukan berarti meniru semuanya. mereka tetap menghargai hasil karya orang lain dengan menggunakan nama merk sendiri. Ada juga para pengrajin menciptakan atau membuat model model sandal terbaru hasil kreasi dan karya sendiri sesuai ide ide mereka.

Persaingan modal dan bentuk sandal biasanya sangat ramai dan selalu berubah sesuai keinginan dan selera konsumen. Sehingga hal ini selalu menjadi permasalahan dari waktu ke waktu di antara para pengrajin sandal khususnya di Tasikmalaya. 

Secara garis besar proses pembuatan sandal atau sepatu terbagi dari beberapa proses tahapan terutama untuk membuat atau menciptakan model sandal baru yang belum ada diantaranya,

Pembuatan muka atau bagian atas
Umumnya menggunakan sebuah pola yang sangat teliti sesuai ukuran per set dari mulai nomor kecil sampai nomor besar,  langkah ini di lakukan oleh pengrajin yang sudah mahir dan berpengalaman dalam membuat pola dan bentuk sandal atau sepatu. setelah pola terbuat langkah pembuatan sandal bisa di lakukan oleh para pengrajin yang biasa biasa saja tinggal menuruti atau membentuk sesuai pola pola yang di buat. Pembuatan pola muka ( bagian atas ) sandal adalah proses yang paling rumit dan sulit.

Pembuatan alas atau bagian telapak
Untuk ukuran alas biasanya hampir sama dengan pola pola sandal yang lainnya kalau ada perbedaan mungkin hanya sedikit saja, atau untuk pembuatan alas atau bagian telapak biasanya mengikuti bentuk dan ukuran sol yang sudah ada apabila sandal yang di buat terbuat dari bahan sol cetak.

Pembuatan badan atau bagian sol
Untuk bagian badan tergantung sandal yang akan di buat apabila terbuat dari sol cetak maka tinggal langsung menempelkannya dengan cara di lem atau di jahit. Apabila untuk sandal sandal terbuat dari bahan spon makan bagian badannya harus di buat dengan cara membentuk dan menyatukan beberapa lapisan spon yang di lem sehingga membentuk sebuah badan sandal. 

Selain sandal dari bahan spon proses pembuatan sandal kelom geulis juga bagian badannya harus di buat dulu sesuai model dan bentuk yang di inginkan Untuk pembuatan kelom geulis proses yang paling sulit adalah pembuatan badan kelom itu sendiri karena proses pembuatan yang cukup panjang dan rumit terutama salam pemilihan bahan kayu, proses pembentukan dan proses finishing.

Untuk bahan sandal sol cetak sebenarnya banyak pilihan karena sudah tersedia di toko toko bahan sandal tinggal membuat bagian muka atau atasnya sesuai bentuk dan modelnya bisa terbuat dari bahan yang bagus atau bahan yang biasa biasa saja.