Sandal Tarumpah
Asli

sandal tarumpah laki
lihat detail
Payung Geulis
Kertas

Payung kertas Tasikmalaya
lihat detail
Payung Geulis
Kain

Payung geulis Tasikmalaya
lihat detail
Kipas Tangan
Tradisional

sandal tarumpah Ketokan
lihat detail

Jumat, 06 Desember 2013

Berbagai model dan Jenis Sandal produksi Tasikmalaya


Produk sandal Tasikmalaya telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di pulau jawa dan luar pulah jawa. Di berbagai daerah di jawa barat sepertinya tidak asing lagi yang namanya produk sandal Tasikmalaya pasti banyak yang mengenalnya terutama di daerah pelosok atau wilayah pinggiran. Berbagai jenis dan model sandal banyak di pasarkan di toko toko dan pasar tradisional, sesuai model dan jenis sandal yang di minati. Produk sandal berkualitas bagus umumnya di pasarkan di toko toko dan untuk yang di pasar tradisional bisa beragam yang biasa dan yang kualitas bagus juga banyak.

Berbagai macam jenis sandal Tasikmalaya pada umumnya banyak di minati oleh kalangan menengah kebawah, mungkin karena harga yang terjangkau dan modelnya yang menarik. Jenis sandal produk Tasikmalaya banyak ragam dan jenisnya diantaranya,

Sandal spon 
Sandal jenis ini banyak di produksi di berbagai wilayah di Tasikmalaya khususnya di wilayah Gobras dan sekitarnya proses pembuatan sandal ini agal sulit karena di mlai dari proses pembuatannya badannya sampai pembuatan bagian muka ( atas ) sampai pada proses akhir / selesai. 

Sandal sol cetak 
Sandal yang paling banyak di produksi pengrajin Tasikmalaya karena proses pembuatannya sangat mudah dan cepat karena bagian sol atau badannya sudah tersedia hanya membuat bagian muka ( atasnya ) sesuai model yang di inginkan kemudian buat alas atau tatak dan tarik atau pasang maka sandal itu selesai. 

Sandal kulit atau sandal Tarumpah 
Sandal Tarumpah adalah salah satu jenis sandal yang paling sulit di buat selain dari bahan bahannya susah di dapat serta harganya sangat mahal juga yang sangat sulit yaitu proses pembuatannya karena harus di lakukan oleh para pengrajin berpengalaman. Pengrajin sandal biasa pasti tidak bisa karena cara dan tekniknya sangat berbeda.Makanya pengrajin sandal tarumpah umumnya berusia tua dan sudah berpengalaman kalau yang berusia muda sangatlah jarang. 

Kelom Geulis 
Proses pembuatan kelom geulis tidak sesulit sandal tarumpah karena proses pembuatannya di lakukan oleh beberapa orang yang berbeda dari pembuatan badannya, pengecatannya dan pemasangan bagian muka atau baguan atasnya. 

Pada umumnya proses pembuatan sandal produk Tasikmalaya di kerjakan oleh beberapa orang ( tukang )yang berbeda,karena kalau di lakukan oleh sendiri akan lama dan sulit, mereka berbagi tugas sesuai keahliannya sehingga proses pembuatan menjadi mudah selesai, beberapa orang ( tukang ) yang terlibat dalam proses pebuatan sandal. 
  • Tukang Muka 
Pembuatan muka atau bagian atas sandal 
Proses ini hanya mengikuti satu set pola yang telah di buat dan di tentukan sesuai model yang akan di buat.Di mulai dari proses menjiplak pola pada bahan yang akan di gunakan kemudian di gunting sesuai pola tersebut kemudian di jahit dengan mesin jahit.tukang pembuatan muka ini umumnya ada pada semua jenis sandal. 
  • Tukang Tatak 
Pembuatan alas atau tatak 
Hampir sama dengan tukang pola karena hanya mengikuti pola atau ukuran yang sudah ada. proses pembuatan tatak atau alas ini hanya ada pada jenis sandal tertentu artinya tidak semua jenis sandal ada tukang tatak. 
  • Tukang Narik 
Pemasangan bagian muka atau bagian atas pada badan sandal atau sol. 
Tukang narik pasti ada pada semua jenis sandal karena proses atau tahapa ini adalah bagian dari proses akhir sehingga menjadi sebuah sandal yang siap pakai dan siap jual. 

Mungkin karena keterbatasan manusia semua proses pembuatan sandal harus dikerjakan bersama sama dari mulai awal sampai akhir. Atau yang lebih pantas kita sebut saling berbagi diantara orang orang sekitar yang memerlukan pekerjaan agar bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari hari dan paa akhirnya mereka bisa menghidupi keluarganya terutama menghidupi kesejahteraan anak anak dan istri mereka. Dan pada akhirnya tingkat ekonomi masyarakat di sekitar bisa maju dan berkembang.